Senin, 23 Oktober 2017

Pedagang pernak-pernik HUT RI marak di Palembang

id bendera, pedagang, pernak pernik, hut ri, 17 agustus, kapal-kapalan, mainana, telok abang
Pedagang pernak-pernik HUT RI marak di Palembang
Dokumentasi- Seorang pedagang kapal telok abang (telur merah-red) tengah memasang telok abang di badan kapal gabus dagangannya di salah satu jalan protokol Kota Palembang. (Antarasumsel.com/Feny Selly) ()
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pedagang asongan di Kota Palembang, Sumatera Selatan, yang menawarkan pernak-pernik Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia yang biasa diperingati setiap 17 Agustus semakin marak.

Pantauan di perempatan lampu merah Rumah Sakit Charitas dan Pasar Cinde Palembang, Minggu, tampak pedagang asongan yang menjajakan pernak-pernik HUT RI berupa umbul-umbul, bendera merah putih mini dan ukuran besar, aneka bentuk hiasan gantung bernuansa merah putih untuk dipasang di kendaraan atau ditempel di kaca mobil semakin ramai.

Ketika lampu merah menyala, sejumlah pedagang asongan memanfaatkan kesempatan kendaraan berhenti dengan menghampiri pengendara mobil menawarkan barang dagangan aneka pernak-pernik Hari Ulang Tahun ke-72 kemerdekaan Republik Indonesia itu.

Salah seorang pedagang asongan Susilo mengatakan, dia dan beberapa temannya yang berasal dari Jawa setiap tahun bersama-sama datang ke Palembang sejak sebulan menjelang peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus memanfaatkan momentum itu dengan menjual pernak pernik HUT RI.

Pernak-pernik HUT RI tersebut dijual dengan harga bervariasi tergantung dengan bentuk dan ukurannya, seperti bendera merah putih mini dan hiasan gantung dijual Rp10.000-Rp15.000 per buah.

Selain pedagang pernak-pernik di lampu merah, juga mulai marak pedagang bendera merah putih dan umbul-umbul di pinggir jalan sejumlah kawasan seperti di Jalan Kampus POM IX mulai depan Gedung DPRD Sumsel hingga depan TVRI, beberapa titik di kawasan Jalan Radial dan kawasan jalan lainnya.

Menurut salah seorang pedagang yang mangkal di kawasan Jalan Kampus POM IX Herman, menyambut peringatan HUT RI tahun 2017 ini berharap penjualan pernak-pernik hari kemerdekaan untuk hiasan mobil serta dipasang di perkantoran dan rumah-rumah penduduk lebih banyak terjual dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pernak-pernik HUT RI yang biasa dipasang di mobil dijual dengan harga Rp10.000 hingga Rp17.500, sedangkan bendera merah putih dijual dengan harga mulai Rp40.000 hingga Rp160.000 tergantung ukurannya sedangkan umbul-umbul dijual Rp40.000 hingga Rp95.000 per lembar, ujar pedagang. ***3***

(T.Y009/B/I006/I006) 06-08-2017 09:16:39

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga