Rabu, 23 Agustus 2017

Wayang kulit membuat masyarakat Rusai terpesona

id wayang kulit, rusia, terpesona, workshop
Wayang kulit membuat masyarakat Rusai terpesona
Dokumentasi: wayang kulit yang menceritakan tentang kampanye antikekerasan terhadap anak . (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Moskow (ANTARA Sumsel) - Pertunjukan wayang kulit dengan dalang Eddy Pursubaryanto dalam Festival Indonesia di Moskow pada 4-6 Agustus 2017, membuat masyarakat Rusia terpesona.

Pertunjukan unik bagi masyarakat Rusia ini menjadi salah satu daya pikat bagi mereka untuk mengetahuinya lebih jauh.

Beberapa pengunjung yang dimintai komentarnya, berkomentar bahwa budaya mereka tidak mengenal wayang.

Ada beberapa di antara mereka pernah mendengar kata dan gambar wayang, tetapi tidak mengetahui bagaimana bentuk pertunjukannya.

Dua hingga tiga kali pertunjukan wayang dan "workshop" mengenai pewayangan per harinya juga selalu dipadati masyarakat Rusia dalam festival di Taman Hermitage seluas enam hektare di jantung kota Moskow ini.

Dalang Eddy Pursubaryanto yang sehari-hari dosen di Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya UGM Yogyakarta menampilkan atraksi wayang menarik dengan kisah Ramayana dan memberikan workshop tentang wayang dan bagaimana menjadi dalang.

Masyarakat Rusia tampak terkesima dengan pertunjukan wayang dan pelatihan wayang yang disampaikan Eddy dengan Bahasa Inggris.

Selain di Tanah Air, Eddy berpengalaman menjadi dalang dalam pertunjukan wayang di berbagai negara, antara lain, Australia, Malaysia, Korea, hingga AS.

"Masyarakat Rusia tidak mengenal wayang, tetapi mereka bertahan menyaksikan pertunjukan," ujar Eddy menyampaikan kekagumannya.

Beberapa keluarga Rusia bahkan membawa anak-anak mereka untuk menyaksikan pertunjukan wayang yang diterjemahkan ke dalam Bahas Rusia itu.

Setiap kali pertunjukan memakan waktu sekitar satu jam dan pertunjukan berlangsung sebanyak dua hingga tiga kali per harinya.

Saat workshop, dalang Eddy bahkan mengajarkan pengunjung memegang wayang dan beraksi menjadi dalang.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga