Gubernur perintahkan bupati maksimalkan pencegahan karhutla

id gubernur, gubernur alex noerdin

Gubernur perintahkan bupati maksimalkan pencegahan karhutla

Gubernur Alex Noerdin (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/17/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin perintahkan kepada Bupati Ogan Ilir, M Ilyas Panji Alam untuk memaksimalkan pencegahan kebakaran hutan dan lahan, karena sekarang ini di daerah tersebut sudah terjadi kebakaran.

Setelah resmi menjabat bupati harus segera berupaya memadamkan api di wilayah tersebut, kata gubernur usai melantik Bupati Ogan Ilir di Palembang, Senin.

Jadi jangan sampai titik api di wilayah Ogan Ilir timbul, karena bisa saja mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),kata Alex Noerdin.

Gubernur mengatakan, musim kemarau sekarang ini di sejumlah daerah akan rawan kebakaran hutan dan lahan, sehingga harus memaksimalkan pencegahan.

Begitu juga para camat dan kepala desa untuk selalu berada di tempat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan, ujar gubernur.

Ia mengatakan, pemerintah setempat supaya melaporkan pemilik lahan di daerahnya untuk mengantisipasi bila terjadi kebakaran hutan sehingga bisa diketahui di lokasi mana terjadinya.

Sementara Bupati Ogan Ilir, M Ilyas mengatakan, pihaknya akan bekerja secara maksimal untuk mencegah dan memadamkan api bila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Ia mengakui, di Kabupaten Ogan Ilir rawan terbakar karena banyak terdapat lahan gambut.

M Ilyas Panji Alam resmi menjabat Bupati Ogan Ilir setelah dilantik gubernur yang sebelumnya sebagai wakil bupati, karena pejabat bupati sebelumnya tersandung kasus hukum.