Presiden tanding tenis meja lawan Susi Susanti

id Joko Widodo, Susi Susanti, tenis, pertandingan, olah raga, Erick Thohir

Presiden tanding tenis meja lawan Susi Susanti

Presiden Joko Widodo. (ANTARA/Yudhi Mahatma/Ag/17)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Presiden Joko Widodo bertanding tenis meja melawan peraih medali emas Olimpiade 1992 cabang bulu tangkis Susi Susanti.

Dalam pertandingan yang berlangsung santai itu, Presiden berpasangan dengan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir sedangkan Susi Susanti yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) berpasangan dengan Yopie Warsono, atlet senior tenis meja.

Pertandingan selama sekitar lima menit itu berlangsung di depan kantor presiden seusai Presiden Joko Widodo melepas kontingen Indonesia yang akan bertanding di SEA Games Kuala Lumpur pada 19-30 Agustus 2017, Senin.

Presiden yang mengenakan baju olah raga warna hitam lengkap dengan topi pet putih dan merah itu mendapat kesempatan memukul servis pertama, setelah dua kali pukulan, Presiden mencoba melayangkan smesh namun gagal melewati net.

Sedangkan setelah membuat servis kedua, Presiden pun langsung mencoba membuat smesh dari pukulan tanggung Yopie, namun kembali tidak berhasil masuk ke lapangan lawan.

"Smesh Pak, smesh Pak," kata para atlet memberikan semangat kepada Presiden.

Pada servis ketiga, Presiden kembali ingin menggebrak dengan memukul smesh namun bola malah kembali ke lapangan permainan sendiri. Untunglah Susi Susanti juga sempat membuat kesalahan sendiri sehingga bola juga tidak menyeberangi net.

"Semangat Pak," ungkap para atlet sambil bertepuk tangan untuk Presiden, namun kali ini Presiden bersabar untuk tidak terburu-buru mengeluarkan smesh.

Baru pada servis keempat Presiden dan Erick Thohir memperlambat tempo permainan dan Erick pun berhasil memasukkan smesh ke lapangan Susi dan Yopie, smesh itu pun disambut teriakan dan tepukan para atlet yang mengelilingi empat pemain tenis meja tersebut.

Total ada 870 orang dalam kontingen SEA Games XXIX asal Indonesia yang terdiri atas 533 atlet, 170 orang pelatih, 55 orang perangkat pendukung, dan 122 orang peserta mandiri sehingga berada di luar beban target kontingen.

SEA Games XXIX mempertandingkan 38 cabang olahraga untuk memperebutkan 405 medali emas, 405 medali perak dan 529 medali perunggu.

Kontingen Indonesia rencananya akan mengikuti 37 cabang olahraga dengan target memperoleh 55 medali emas dan 95 perak dari 30 cabang olah raga.

Target itu meningkat dari perolehan medali Indonesia di SEA Games Singapura 2015 di Singapura saat Indonesia mendapatkan 47 emas dan berada di peringkat ke-5 peserta.