Sabtu, 19 Agustus 2017

1.795 Jamaah calon haji Sumsel sudah diberangkatkan

id haji, sumsel. keberangkatan, Arab Saudi, makkah, pesawat
1.795 Jamaah calon haji Sumsel sudah diberangkatkan
Dokumentasi- Keberangkatan jamaah calon haji dari Sumsel.(Antarasumsel.com/Feny Selly)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 1.795 jamaah calon haji Sumatera Selatan termasuk 20 petugas sudah diberangkatkan menuju Arab Saudi untuk menunaikan rukun Islam kelima di tanah suci.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Sumsel, Saefudin di Palembang, Selasa mengatakan, jamaah calon haji yang sudah berangkat itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama hingga keempat.

Untuk kelompok terbang pertama dari Kabupaten Lahat, Kota Pagaralam dan Palembang yang pemberangkatannya dilepas Gubernur Sumsel Alex Noerdin, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk setiap kelompok terbang rata - rata berjumlah 450 orang jamaah calon haji.

Sementara proses pemberangkatan sendiri, lanjut dia, tidak menjadi masalah dan berjalan lancar seperti yang diharapkan bersama.

Ini berarti pemberangkatan semakin tertib termasuk pelayanan juga mengalami peningkatan, kata Kasubag Humas Kanwil Kemenag Sumsel itu.

Menurut dia, memang jamaah calon haji Sumsel cukup banyak yang resiko tinggi atau risti, karena faktor usia dan kesehatan atau adanya penyakit bawaan.

Bila dirinci dari total jamaah yang sudah berangkat, terdapat jamaah risti karena usia ada 19 orang, risti rentan sakit 168 jamaah, ujar dia.

Namun, lanjut dia, pihaknya terus mengoptimalkan pelayanan supaya jamaah calon haji asal Sumsel dapat beribadah secara khusuk sekaligus dapat menjadi haji mabrur.

Jamaah calon haji Sumsel itu berangkat menuju Arab Saudi menggunakan pesawat Saudi Arabia Airline dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Selain jamaah Sumsel juga diberangkatkan melalui embarkasi Palembang calon haji Bangka Belitung dan sebelum berangkat harus masuk asrama terlebih dahulu, tambah dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga