Jumat, 20 Oktober 2017

Deputi: Jepang sangat peduli terhadap lingkungan

id lingkungan, hutan, Rizal Edwin, kelestarian
Deputi: Jepang sangat peduli terhadap lingkungan
Ilustrasi- lingkungan yang asri.(malinopuncak.blogspot)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Asisten Deputi Bidang Kerja Sama Ekonomi Multilateral dan Pembiayaan Kementerian Ekonomi, Rizal Edwin Manansang mengatakan, pemerintah Jepang sangat peduli terhadap kelestarian lingkungan di Indonesia.

Hal ini karena Kementerian Bidang Lingkungan Jepang banyak berpartisipasi terhadap perusahaan di Indonesia, kata Rizal Edwin Manansang di Palembang, Rabu.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemerintah Jepang antara lain membantu baik anggaran maupun penelitian agar perusahaan bebas dari polusi.

Bahkan, lanjut dia, dalam pemberian bantuan kepada pemerintah Indonesia dibuat kerja sama mekanisme kredit bersama.

Mekanisme kredit bersama atau Joint Crediting Mechanism (JCM) sebagai inisiatif pemerintah Jepang dalam mendorong swasta untuk berinvestasi di Indonesia termasuk Sumsel, ujar Ketua JCM Indonesia itu.

Dia mengatakan, bantuan pemerintah Jepang untuk di Sumsel sendiri antara lain membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Jakabaring Palembang.

Selain itu juga efisiensi energi dengan memanfaatkan limbah karet, kata dia.

Dia mengatakan, aktivitas mekanisme kredit bersama itu antara lain efisiensi energi, energi terbarukan, degradasi hutan termasuk kontruksi.

Dalam hal ini pemerintah Jepang memfasilitasi difusi dari teknologi, produk, jasa dan infrastruktur rendah karbon, ujar dia.

Yang jelas, kata dia, pemerintah Jepang sangat berpartisipasi dalam program gas rumah kaca.

Bukan itu saja tetapi juga mengangkat perekonomian daerah karena banyak investasi yang ditanamkan, tambah dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga