Rabu, 23 Agustus 2017

Dinas Permukiman akan rehab 400 rumah warga

id rumah, bedah rumah
Dinas Permukiman akan rehab 400 rumah warga
Dinas PUPR OKU akan bedah rumah warga kurang mampu (Antarasumsel.com/Edo Purmana/17)
Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Permukiman dan Perumahan Rakyat Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, pada tahun depan akan melakukan rehab terhadap 400 unit rumah milik warga yang tergolong tidak mampu di daerah itu.

Pada tahun 2018, pihaknya akan mendapatkan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merenovasi 300 rumah, sementara 100 unit lagi akan dianggarkan di APBD Ogan Komering Ulu (OKU) 2018, kata Kepala Dinas PUPR OKU Ulia Mahdi melalui Sekretarisnya Hasan H.D. di Baturaja, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa pihak ketiga, Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM), akan menyeleksi warga berpenghasilan rendah.

Pada tahun depan, warga yang dipilih untuk dapatkan bantuan itu berasal dari seluruh kecamatan. Namun, pihaknya memprioritaskan kecamatan di dalam kota, yakni Baturaja Barat dan Baturaja Timur.

Ia menjelaskan bahwa program rehab atau bedah rumah itu setiap kepala keluarga yang beruntung mendapat bantuan berupa bahan bangunan senilai Rp15 juta, termasuk upah tukang.

Pada tahun 2017, kata dia, ada 100 unit rumah milik warga berpenghasilan rendah di lima kelurahan yang ikut program bedah rumah, masing-masing di Kelurahan Talang Jawa 34 unit, Air Gading 20 unit, Saung Naga 13 unit, dan Batukuning 5 unit, semua di Kecamatan Baturaja Barat.

Berikutnya, di Kelurahan Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur, sebanyak 28 unit dengan nilai bantuan Rp15 juta/KK. Dananya berasal dari APBD OKU 2017.

Sebelumnya, pada tahun 2016, kata Hasan, pihaknya melakukan bedah rumah sebanyak 30 unit yang dananya berasal dari CSR Bank Syariah Mandiri Baturaja.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga