Kamis, 19 Oktober 2017

Minat pencari kerja di Palembang menurun

id pencari kerja, minat pencari kerjaj
Minat pencari kerja di Palembang menurun
Minat pencari kerja di Palembang menurun (Feny Selly)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Minat pencari kerja di Kota Palembang mengalami penurunan, terlihat dari berkurangnya animo pengunjung pada bursa kerja berlangsung di kota tersebut pada 10-11 Agustus 2017.

"Animo tahun ini memang lebih turun dibanding tahun-tahun sebelumnya, penyebabnya bisa jadi karena minat pencari kerja sudah mulai berkurang," kata Ferdi, Koordinator Job Fair Palembang dari Garuda Organizer, Kamis.

Turunnya minat pencari kerja saat ini, menurut dia, disebabkan beberapa hal seperti banyak pencari kerja yang mulai tertarik untuk membuka usaha mandiri ketimbang menjadi pegawai.

Penyebab lain, kata dia, juga dikarenakan target tes Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan menurunnya angka pengangguran di Kota Palembang.

"Garuda Organizer yang sudah sejak 2010 rutin mengadakan Job Fair di Palembang melihat penurunan ini dari segi jumlah peserta bursa kerja," kata dia.

Animo warga Kota Palembang sendiri bila dibandingkan dengan kota lain di pulau Jawa diungkapkannya memang lebih rendah.

Sementara, kata dia, untuk bursa kerja kali ini pihaknya menyediakan 20 stan yang diisi oleh perusahaan ternama dan satu BUMN dari berbagai bidang.

"Mulai dari kontraktor, media, hingga bidang jasa dan boga menyediakan lowongan bagi para peserta," ujar dia.

Dikatakannya, untuk bisa mengikuti job fair atau bursa kerja yang rutin diadakan setahun dua kali ini para peserta diharuskan melakukan registrasi.

"Masa registrasi biasanya berlaku satu tahun dengan biaya pendaftaran Rp30.000," jelasnya.

Para peserta bisa langsung memasukan aplikasi lamaran di tiap stan atau mengisi lamaran secara online di beberapa stan. Beberapa stan juga menggelar wawancara kerja langsung di tempat untuk menjaring pelamar.

Waktu bursa kerja juga cukup panjang yaitu mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, katanya.

Dinas Ketenagakerjaan Kota Palembang turut mencatat tingkat pengangguran di kota tersebut saat ini mencapai 30 persen dari jumlah pencari kerja, atau jumlahnya sekitar 3.000 sebagian besar diantaranya dengan latar belakang pendidikan Sekolah Menengah Atas atau sederajat.

Dalam waktu dekat ini Disnaker Kota Palembang juga akan mengadakan bursa kerja di Palembang Square Mall pada 23-25 Agustus mendatang.

"Bursa kerja kali ini digelar di pusat perbelanjaan, sehingga memudahkan para mencari kerja sekaligus kami hadirkan lembaga keteramilan untuk mengembangkan keteramilan pencari kerja," ujar Kepala Disnaker Kota Palembang, Decky Linggardi.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga