Jumat, 18 Agustus 2017

Fadli: Kenaikan anggaran DPR 2018 relatif kecil

id uang, Fadli Zon, anggaran, dpr ri, tunjangan, apbn
Fadli: Kenaikan anggaran DPR 2018 relatif kecil
Fadli Zon (ANTARA)
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai kenaikan anggaran DPR untuk 2018 relatif kecil yaitu Rp5,7 triliun, dibandingkan anggaran kementerian dan lembaga karena nilai tersebut hanya 0,34 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

"Jadi anggaran DPR untuk tahun 2018 tidak sampai 0,5 persen dari APBN, itu relatif kecil. Coba dibandingkan dengan anggaran di negara demokrasi lain yang anggaran parlemennya jauh lebih tinggi," kata Fadli di Gedung Nusantara III, Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan anggaran tahun 2017 sebesar Rp4,2 triliun disebabkan banyak pemotongan di beberapa pos pengeluaran sehingga untuk 2018 diharapkan tidak ada pemotongan.

Fadli sebenarnya menginginkan agar institusi legislatif memiliki anggaran yang mandiri sehingga tidak bergantung kepada eksekutif dan bisa mengelolanya sendiri.

"Misalnya ada permintaan untuk membuat alun-alun demokrasi, perbaikan ruangan anggota DPR yang sudah tidak memadai dengan jumlah tenaga ahli dan staf administrasi yang bertambah," ujarnya.

Selain itu, Fadli juga setuju dengan wacana agar kompleks rumah jabatan anggota DPR dipindah dari Kalibata ke daerah bekas Taman Ria, untuk memanfaatkan lahan negara yang tidak terpakai.

Menurut dia, daripada lahan milik Sekretariat Negara itu digunakan untuk membangun mal maka bisa digunakan untuk membangun apartemen bagi anggota DPR sehingga mereka menuju kantor dengan berjalan kaki.

"Itu bisa lebih efisien dari pada perawatan rumah jabatan yang ada di Kalibata yang nilainya luar biasa mahal. Bisa lebih murah kalau dibangun di sini semacam apartemen tinggi itu pernah kita diskusikan," katanya.

Namun dia mengakui bahwa ide membangun apartemen itu baru sebatas wacana mentah yang perlu didiskusikan lebih mendalam lagi.

    
     Bantah
Sebelumnya, Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Anton Sihombing membantah usulan kenaikan anggaran DPR mencapai Rp7,25 triliun untuk tahun anggaran 2018.

Anton menyebut DPR mengusulkan kenaikan sekitar Rp5,7 triliun untuk satuan kerja Dewan dan Sekretariat Jenderal DPR.

Ada pun rincian dari total Rp 5,7 triliun itu, anggaran untuk Satuan Kerja Dewan sebesar Rp4 triliun dan Rp1,7 triliun untuk satuan kerja Sekretariat Jenderal DPR.

Usulan kenaikan anggaran DPR tahun anggaran 2018, kata Anton, akan dibahas setelah Presiden Joko Widodo membacakan nota keuangan pada sidang tahunan MPR-DPR-DPD pada 16 Agustus mendatang. Hasil nota keuangan itu akan dibawa dan dibahas di Badan Anggaran (Banggar) DPR.

Anton menjelaskan rencananya dari total usulan kenaikan anggaran itu akan dipergunakan untuk penataan kawasan DPR seperti pembangunan apartemen bagi anggota-anggota dewan.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga