Jumat, 20 Oktober 2017

Emas berjangka naik dipicu meningkatnya ketegangan geopolitik

id emas, Harga emas, berjangka, COMEX New York, Mercantile Exchange, dolar, ekuitas Amerika Serikat, per ounce, Volume perdagangan, logam mulia
Emas berjangka naik dipicu meningkatnya ketegangan geopolitik
Emas batangan . (Antarasumsel.com/Reuters)
Chicago (Antara/Xinhua) - Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik untuk hari keempat berturut-turut pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena investor mencari perlindungan di tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dengan Korea Utara.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember, naik 3,9 dolar AS atau 0,3 persen, menjadi menetap di 1.294 dolar AS per ounce.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengeluarkan ancaman baru terhadap Korea Utara pada Jumat (11/8), dengan mengatakan bahwa militer AS "locked and loaded" atau siap tempur, karena Pyongyang dituduhnya mendorong Semenanjung Korea ke ambang perang nuklir.

Risiko-risiko geopolitik dapat meningkatkan permintaan terhadap aset-aset yang dianggap sebagai investasi "safe haven", seperti emas.

Data pada Jumat (11/8) menunjukkan harga konsumen AS naik lebih rendah dari yang diperkirakan pada Juli, yang juga mendukung emas.

Sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman September bertambah 0,5 sen atau 0,03 persen, menjadi ditutup pada 17,07 dolar AS per ounce. Platinum untuk penyerahan Oktober naik 3,8 dolar AS atau 0,39 persen, menjadi menetap di 989,7 dolar AS per ounce.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga