Selasa, 24 Oktober 2017

Dewan kesenian gelar melukis massal

id melukis, kesenian, massal, bangka barat, babel
Dewan kesenian gelar melukis massal
Ilustrasi-Lukisan). (ANTARA)
Muntok (ANTARA Sumsel) - Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menggelar kegiatan melukis massal untuk menggerakkan minat masyarakat dalam berkesenian.

"Kami berharap melalui kegiatan yang akan digelar pada Minggu (13/8) itu bisa meningkatkan minat masyarakat berkesenian, khususnya bidang seni rupa," kata Wakil Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat Joko H.P. di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan itu digelar sebagai bentuk keseriusan Dewan Kesenian setempat dalam melakukan pembinaan berkesenian sekaligus memberikan ajang kreatif masyarakat, khususnya generasi muda.

"Kegiatan terbuka untuk umum, kami menerapkan empat kategori, yaitu kategori pelajar SD, SMP, SMA, dan umum, karya terbaik masing-masing kategori akan mendapatkan apresiasi berupa uang tunai," kata dia.

Ia menjelaskan melukis massal ditargetkan diikuti 1.000 peserta dengan harapan memunculkan seniman-seniman muda lokal agar memiliki keinginan unjuk kebolehan.

Selama ini di Bangka Barat masih minim gerakan berkesenian bidang seni rupa, baik yang individual maupun berkelompok.

"Ajang ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana berkarya seni rupa sehingga upaya pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan seni rupa terpenuhi," katanya.

Kegiatan yang baru kali pertama digelar itu, akan dilaksanakan di sekitar pusat Kota Muntok dengan mengambil tema lukisan aktivitas masyarakat.

Dari tema itu, diharapkan meningkatkan kejelian peserta dalam menangkap aktivitas sosial di sekitar yang dipadukan dengan sentuhan teknik melukis dan kreativitas.

"Ajang ini merupakan pijakan awal kami untuk menggairahkan masyarakat dalam berseni rupa" kata dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga