Sekda minta masyarakat budayakan gemar membaca

id ikan, gemar makan ikan

Sekda minta masyarakat budayakan gemar membaca

Ikan Bakar Pantai Solor (ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Pemprov Sumatera Selatan Nasrun Umar minta kepada seluruh lapisan masyarakat di provinsi itu untuk membudayakan gemar membaca.

Bila ingin maju maka budaya membaca harus diutamakan, kata Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar pada pembukaan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Palembang, Senin.

Memang, lanjut dia, bangsa maju karena masyarakatnya gemar membaca, karena buku mempunyai peranan sangat penting dalam menunjang pendidikan yang keberadaannya berdampingan erat dengan proses belajar mengajar.

Selain itu, lanjut Sekda, buku juga dikatakan sebagai jendela dunia karena orang banyak membaca buku akan menguasai pengetahuan dan informasi yang tentu saja dapat menguasai dunia.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah penumbuhan kegemaran membaca oleh orang tua dalam setiap keluarga bagi anak-anak mereka adalah sangat diperlukan saat ini yakni penanaman kesadaraan untuk mengajarkan dan membiasakan anak untuk gemar membaca.

Namun, lanjut dia, kesemuanya itu memerlukan kearifan dan kejelian dalam melihat dan mencintai fasilitas perpustakaan atau taman bacaan yang ada di lingkungan.

Kegiatan memasyarakatan gemar membaca dan kunjungan ke perpustakaan seperti yang dilakukan saat ini sebagai salah satu dari upaya tersebut.

Oleh sebab itu marilah semua mulai membiasakan diri untuk gemar membaca, membiasakan anak-anak dan siswa untuk membaca sejak ini, tambah dia.