Sabtu, 23 September 2017

Pembangunan Tugu Belido diperkirakan selesai pekan depan

id belido, tugu belido
Pembangunan Tugu Belido diperkirakan selesai pekan depan
Tugu Ikan Belido segera diresmikan (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pembangunan Tugu Belido di plaza Benteng Kuto Besak, Palembang, diperkirakan selesai pada pekan depan, karena saat ini sedang proses penyelesaian akhir.

Wali Kota, Harnojoyo di Palembang, Selasa, mengatakan, saat ini sedang dilakukan pembuatan ornamen songket.

"Bisa selesai lebih cepat sehingga pada tahun ini juga sudah dapat dinikmati masyarakat," kata Harnojoyo.

Tugu Belido direncanakan akan diresmikan Presiden Joko Widodo karena terdapat sejumlah rangkaian kegiatan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia.

Kegiatan lainnya yakni akan digelar gotong royong serentak di 107 Kelurahan di Kota Palembang yang disaksikan Presiden.

"Kami sudah bertemu dengan Menteri Koordinator (Menko) Maritim Luhut B Panjaitan terkait launcing Tugu Belido, Pecah Rekor MURI dan peluncuran robot Asian Games untuk memberikan keterangan seputar Asia Games ke 45 negara, yang akan dilakukan Presiden RI," kata dia.

Ia menjelaskan, pembangunan Tugu Belido merupakan bantuan dana corporate social responsibility (CSR) PTBA sebesar Rp3,3 miliar.

Meski mencontoh Singapura dengan ikon Patung Merlion-nya, namun sejatinya Tugu Ikan Belido ini memiliki karakteristik tersendiri.

Pemilihan ikan Belido ini karena Kota Palembang identik dengan panganan berbahan ikan yakni pempek. Ikan Belido yang saat ini sudah langka dan hampir punah dikenal sangat enak jika dibuat panganan khas Palembang itu.

Tugu ini layaknya Merlion Park di Singapura yang juga akan menyemprotkan air dari mulut ikan mengarah ke Sungai Musi sepanjang 50 meter.

Tugu Belido dikirim dari Kabupaten Boyolali dan telah tiba di Palembang, Minggu (23/7) yang diangkut menggunakan dua truk. Berat tugu ini sekitar 2 ton dengan tinggi sekitar 9 meter. Bahannya terbuat dari perak.

"Dengana adanya tugu ini diharapkan akan menambah daya tarik Kota Palembang bagi wisatawan menjelang Asian Games," kata dia. 

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga