Sabtu, 23 September 2017

Menteri Susi menginginkan nelayan menaati regulasi pemerintah

id nelayan, susi pujiastuti, regulasi, pemerintah, perikanan, menangkap ikan
Menteri Susi menginginkan nelayan menaati regulasi pemerintah
Nelayan (Foto Antarasumsel.com/Arina S.)
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menginginkan nelayan menaati regulasi yang telah dikeluarkan pemerintah karena hal tersebut untuk kepentingan sektor kelautan dan perikanan yang berkelanjutan ke depa.

Menteri Susi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, menekankan pentingnya masyarakat nelayan untuk menaati aturan.

"Pemerintah Pak Jokowi itu sudah sangat komitmen dengan para nelayan Indonesia. Beliau bahkan menandatangani Perpres No 44/2016 yang tidak membolehkan lagi asing masuk di perakinan tangkap. Berarti kapal asing, kapal eks-asing, orang asing, modal asing, tidak boleh lagi menangkap ikan di Indonesia," papar Menteri Susi.

Menurut Susi, nelayan hanya perlu menaati aturan sebagai balasan dari perhatian negara terhadap mereka, demi mewujudkan perikanan berkelanjutan.

Ia meminta nelayan melaporkan ukuran kapal dengan benar dan alat tangkap yang digunakan tanpa kecurangan, serta membayar pajak secara tertib dan jujur.

"Perikanan menjadi tidak bisa memberikan kontribusi kepada keuangan negara karena banyaknya pemilik kapal yang melakukan 'markdown'. Ini tidak boleh lagi," tegasnya.

Untuk itu, ujar dia, diharapkan pihak aparat juga dapat segera melakukan konsolidasi agar tindakan kecurangan seperti itu tidak terjadi lagi ke depannya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga