Rabu, 20 September 2017

Dinsos Sumsel segera laksanakan program bedah rumah

id Belman Karmuda, Dinas Sosial, bedah rumah, masyarakat, warga kurang, mampu
Dinsos Sumsel segera laksanakan program bedah rumah
Ilustrasi- Bedah rumah. (ANTARA/Ari Bowo Sucipto/Ang)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pihak Dinas Sosial Sumatera Selatan segera melaksanakan program bedah rumah pada tahun 2017 ini guna membantu masyarakat yang membutuhkannya.

"Untuk program bedah rumah masyarakat dalam waktu dekat ini dilaksanakan, sekarang masih dalam proses," kata Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Belman Karmuda di Palembang, Selasa.

Menurut dia, untuk program tahun 2017 ini ada sekitar 25 unit rumah dan 20 unit rumah di antaranya berada di Kota Palembang, sedangkan sisanya di kabupaten.

Sementara mengenai biaya untuk bedah rumah itu sendiri sudah dianggarkan dalam APBD Sumsel tahun 2017, katanya tanpa merinci total anggaran dimaksud.

Ia menyatakan, mengenai besaran dananya sendiri, sekitar Rp12 juta per rumah yang dibantu, karena memang anggarannya terbatas.

"Saya mencoba menciptakan mendidik masyarakat, jangan sampai kita bedah rumah membantu masyarakat penuh dibantu, rumah jadi tinggal ambil kunci, itu tidak mendidik," ujarnya.

Ia mengatakan, bagaimana memberikan bantuan bahan bangunan rumah secukupnya sesuai dengan kebutuhan, mereka sendiri yang melakukannya.

Jadi, lanjutnya perbaikan-perbaikan rumah itu dilakukan oleh masyarakat, untuk pemberdayaan rumah harus dibedah, diganti seng dibayari pemerintah.

Pada tahun 2017 ini program bedah rumah itu dilaksanakan hanya 25 unit di satu kota dan satu kabupaten di Sumsel, karena memang anggaranya terbatas, katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga