Wagub: Pemerintah daerah ujung tombak pembangunan nasional

id Ishak Mekki, wakil gubernur sumsel, pemerintah, pembangunan, daerah, kota, kabupaten

Wagub: Pemerintah daerah ujung tombak pembangunan nasional

Wagub Sumsel, Ishak Mekki. (Ist)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Daerah baik kabupaten maupun kota termasuk provinsi menjadi ujung tombak pembangunan nasional, karena berhasilnya suatu negara tergantung kondisi pemerintahan di daerah.

Bila pembangunan suatu daerah kurang berkembang maka secara tidak langsung berpengaruh terhadap pembangunan nasional, kata Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki usai membuka kegiatan kapasitas aparatur pemerintah di Palembang, Rabu.

Wagub mengatakan, pemerintah kabupaten dan kota serta pemerintah Provinsi Sumsel merupakan ujung tombak menjadi cerminan dalam hal peningkatan pelayanan publik yang baik, lancar dan berkualitas.

Oleh karena itu aparatur harus meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan berbagai macam cara, diiringi sikap dan prilaku yang harus bersamaan, ujar dia.

Dia mengatakan, saat ini Indonesia menghadapi era globalisasi, dimana aparatur pemerintah dituntut menguasai tekhnologi dan informasi untuk peningkatan pelayanan publik.

Untuk itu pemerintah kabupaten dan kota termasuk provinsi untuk terus meningkatkan kapasitas dalam pelayanan publik, ujar dia.

Menurut dia, kegiatan penguatan kelembagaan yang diselenggarakan sekarang ini juga untuk meningkatkan kinerja dan menyamakan visi dan misi.

Intinya dalam meningkatkan pelayanan publik tidak terlepas koordinasi selain mutu pegawai itu sendiri, ujar Wagub.

Sementara Kasubdit Fasilitasi Hubungan Antar Lembaga Pemerintah Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Siti Zahro mengatakan, kegiatan tersebut memiliki strategis dan penting dalam meningkatkan kapasitas kemampuan aparatur pemerintah.

Selain itu kegiatan kapasitas aparatur pemerintah dalam upaya penguatan permasalahan yang timbul dalam hubungan kelembagaan bidang kewaspadaan nasional, tambah dia.