Pangdam: pencegahan kebakaran hutan akan jadi prioritas

id pangdam, am putranto

Pangdam: pencegahan  kebakaran hutan akan jadi prioritas

Mayor Jenderal TNI A.M. Putranto (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ang/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI AM Putranto mengatakan, pencegahan kebakaran hutan dan lahan di daerah tersebut akan menjadi prioritas supaya kabut asap tidak terjadi seperti pada 2015.

Pihaknya bersama jajaran terkait terus melakukan pencegahan supaya hutan dan lahan terutama di Sumsel tidak terbakar, kata Pangdam Sriwijaya yang didamping Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Palembang, Jumat.

Pencegahan kebakaran hutan dan lahan itu cukup penting apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Jadi kebakaran harus dicegah sejak dini agar supaya kabut asap tidak terulang kembali, ujar Pangdam.

Namun, lanjut dia, yang lebih penting lagi bila tidak timbulnya kabut asap sehingga citra Indonesia dan Sumsel khususnya menjadi harum.

Oleh karena itu pihaknya bersama Polda Sumsel dan instansi terkait lainnya terus melakukan pencegahan supaya kebkaran hutan tidak terjadi.

Dia mengatakan, memang anggotanya yang tergabung dalam Satgas kebakaran hutan dan lahan rutin melaksanakan patroli memantau titik api untuk dipadamkan.

Selain itu pencegahan sejak dini tersebut supaya pesta olahraga akbar mendatang berjalan sukses, kata dia.

Memang, lanjut Pangdam, secara umum wilayah Kodam II/Sriwijaya temasuk Sumsel saat ini kondusif dan tidak terjadi permasalaahan berarti.

Kesemuanya itu berkat dukungan semua pihak termauk masyarakat dalam menjaga ketertiban lingkungan masing - masing, tambah dia