Bulog Sumsel percepat gelontorkan raskin

id bulog, raskin, rastra, beras, penyaluran, kurang mampu, murah

Bulog Sumsel percepat gelontorkan raskin

Bakhtiar AS (Antarasumsel.com/Susilawati/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung mempercepat menggelontorkan beras untuk masyarakat miskin diharapkan pada September 2017.

"Bulan depan nanti kemungkinan ada percepatan sesuai dengan arahan kita akan gelontorkan menjadi dua bulan sekaligus," kata Kepala Perum Bulog Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Bakhtiar AS saat ditanya mengenai penyerapan raskin di Palembang, Jumat.

Menurut dia, sampai hari ini untuk penyerapan raskin sudah mencapai di angka 74 persen, artinya cukup baik.

Untuk bulan depan akan ada percepatan penyaluran, menjadi dua bulan sekaligus, artinya September sampai Oktober, katanya.

Ia mengatakan, tujuannya ini dalam rangka untuk meminimalisir angka kemiskinan, karena pada Oktober akan ada pencatatan oleh BPS.

Mengenai penyaluran raskin itu sendiri, ia menyatakan, untuk raskin mekanismenya seperti biasa ada permintaan alokasi dari masing-masing wali kota dan bupati, kemudian nanti diantar ke titik-titik distribusi yang telah disepakati.

Sementara mengenai program bantuan non tunai, ia menuturkan, kalau program itu hanya di Kota Palembang untuk sementara ini, karena salah satu kota yang menjadi uji coba.

Untuk ketersediaan beras sendiri ia menyampaikan, tidak ada masalah, karena sampai hari ini Bulog masih memilki 40 ribu ton yang tersimpan di gudang.

"Jadi, kalau rata-rata penyaluran kita hanya 5.732 ton berarti masih ada kekuatan sekitar 6-7 bulan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," katanya.