Ratusan hektare sawah di Sumsel mulai panen

id sawah, padi, panen, Banyuasin, Pangdam, Mayor Jenderal TNI AM Putranto, Irjen Pol Agung Budi Maryoto

Ratusan hektare sawah di Sumsel mulai panen

Ilustrasi Padi (ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sedikitnya 800 hektare sawah di Sumatera Selatan yang dicanangkan TNI Angkatan Darat siap dan bahkan telah panen sebagaimana yang dilaksanakan di Desa Glebek Dalam, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin.

Untuk lahan sawah di desa tersebut panen, Sabtu dilakukan Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI AM Putranto, Kasdam Brigjen TNI Marga Taufiq, Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan Danrem 044 Garuda Dempo Kol Inf Kunto Arief Wibowo serta pejabat pemerintah lainnya.

Pangdam usai panen di Desa Glebek, Sabtu mengatakan,

upaya peningkatan produksi padi melalui IP200 terus dilaksanakan.

Lebih lanjut dia mengatajan, saat ini sekitar 800 hektare lahan sawah di Sumatera Selatan siap panen dan sebagian areal tersebut menggunakan BIOS 44.

Program penanaman padi tersebut sebagai upaya membantu pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan, ujar dia.

Pangdam juga mengapresiasi inovasi Korem 044/Garuda Dempo dalam menciptakan BIOS 44 karena terbukti bila lahan ditaburi cairan tersebut produksi akan meningkat.

Sementara Danrem 044/Garuda Dempo mengatakan, pemberian BIOS 44 pada lahan pertanian untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat dalam mengolah lahan pertanian.

Pemberian BIOS 44 ini merupakan upaya pihaknya dalam membantu para petani mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi guna meningkatkan hasil pertanian.

Hal itu merupakan salah satu wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial TNI AD dalam meningkat ketahanan pangan, ujar dia.

Oleh karena itu pihaknya terus berupaya meningkatkan produksi beras sehingga ketahanan pangan semakin kuat, kata dia.

Pangdam II/Sriwijaya, Kapolda Sumsel, Kasdam Sriwijaya dan Danrem 044/Gapo melakukan panen dengan menggunakan mesin pemanen padi modern Combain.

Selain itu juga melakukan penggemburan tanah dengan menggunakan mesin Hand Tractor yang dilanjutkan dengan penebaran benih padi jenis IP200 dan menebaran BIO 44.