Pemkab diminta turut kembangkan wisata olahraga

id Alex Noerdin, wisata olahraga, potensi daerah, wisatawan, gubernur sumsel, objek wisata

Pemkab diminta turut kembangkan wisata olahraga

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dalam uji Lintasan Tanjung Senai, Ogan Ilir, sebelum digelarnya Kejurnas Sprint Rally seri-4, Sabtu (19/8). (Humas KONI Sumsel/Darmansah)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah kabupaten/Kota di Sumatera Selatan diminta turut mengembangkan wisata olahraga, sehingga pengembangan tidak hanya terjadi di Kota Palembang yang telah memiliki Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Palembang, Sabtu, mengatakan, Sumsel sudah dicanangkan pemerintah sebagai daerah cikal bakal wisata olahraga, sehingga pemerintah kabupaten/kota harus memanfaatkan kesempatan ini untuk mengangkat potensi daerah masing-masing.

"Sejauh ini lokasi sport tourism baru ada di Jakabaring Sport City (JSC), coba bayangkan jika setiap kabupaten mengembangkannya. Tidak perlu lengkap seperti JSC, cukup pilih beberapa cabang olahraga saja," kata Alex yang dijumpai disela-sela Kejurnas Rally di Lintasan Tanjung Senai, Ogan Ilir.

Ia mencontohkan, yang dilakukan Ogan Ilir mulai menggalakkan event skala nasional dengan memakai Lintasan Tanjung Senai dan di perkebunan tebu Cinta Manis.

"Jika mau olahraga alam dapat ke Pagaralam atau ke Lahat. Jika ini digalakkan dan direncanakan dengan baik maka tujuan dari sport tourism dapat tercapai yakni pemberdayaan ekonomi," kata dia.

Sumatera Selatan menjadi model pengembangan pariwisata berbasis ajang olahraga di Indonesia karena memiliki fasilitas olahraga bertaraf internasional.

Pengembangan pariwisata olahraga ini sangat sejalan dengan peran Provinsi Sumatera Selatan sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Setelah sebelumnya sukses menggelar SEA Games ke-25 tahun 2011, Islamic Solidarity Games 2013, Asean University Games 2014 dan beberapa ajang internasional lainnya, kini Sumatera Selatan ingin mendapatkan berkah dari pariwisata.

"Menjadi tuan rumah Asian Games ini sebenarnya sasaran antaranya, tapi sasaran sebenarnya bagaimana daerah ini dikenal, jika sudah dikenal maka investasi akan masuk, wisatawan akan datang, dan industri kreatif akan tumbuh," kata mantan Bupati Musi Banyuasin ini.

Ia menambahkan, untuk mendatangkan investasi maka suatu dareah harus dikenal terlebih dahulu dan Sumsel telah menentukan pilihannya yakni melalui olahraga.

Terkait dengan pengembangan pariwisata olahraga ini, Alex mengatakan Sumsel akan menjadikan Kawasan Jakabaring Sport City (JSC) yang memiliki 18 arena bertaraf internasional sebagai kawasan wisata olahraga.

Pengembangan `sport tourism` dimulai sejak menjadi tuan rumah ajang olahraga nasional dan internasional, di antaranya SEA Games ke-25 tahun 2011, Islamic Solidarity Games 2013, dan ASEAN University Games 2014.

Sebelumnya Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi konsistensi Sumatera Selatan yang mengembangkan sport tourism untuk mendongkrak angka kedatangan wisatawan.

Selain akan mengembangkan wisata olahraga, Kota Palembang juga memiliki potensi wisata lain, yakni wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah/heritage.