Nasdem minta selesaikan DBH kabupaten

id nasdem, elianudin hb

Nasdem minta selesaikan DBH kabupaten

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) (Antarasumsel.com/Grafis/Awi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Fraksi Partai Nasdem DPRD Sumatera Selatan meminta kepada pemerintah provinsi setempat untuk segera menyelesaikan dana bagi hasil ke pemerintah kabupaten dan kota di Sumsel.

Juru bicara Fraksi Partai Nasdem, Elianuddin HB menyampaikan hal itu pada rapat paripurna DPRD Sumsel pemandangan umum fraksi terhadap raperda tentang perubahan APBD Sumatera Selatan tahun 2017 di Palembang, Senin.

Menurut dia, fraksi itu meminta Pemprov Sumsel untuk segera menyelesaikan dana bagi hasil kepada pemerintah kabupaten dan kota di Sumatera Selatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, fraksi tersebut juga meminta Pemprov Sumsel untuk lebih mengintensifkan razia terhadap kendaraan besar yang melebihi kapasitas beban jalan, katanya.

Ia mengatakan, fraksi itu juga mempertanyakan tentang sejauh mana pelaksanaan realisasi pembangunan kawasan ekonomi khusus Tanjung Api-Api di Kabupaten Banyuasin.

Fraksi itu juga meminta Pemprov Sumsel segera merealisasikan jalur khusus angkutan batu bara di provinsi tersebut, ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Fraksi Gerindra terkait dengan angkutan batu bara yang kembali meresahkan dan menimbulkan kemacetan.

"Dari hasil pantauan kami, angkutan batu bara tersebut kembali menggunakan jalan negara bukan jalan yang dibangun oleh Serpo yang belakangan dialihkan kepada Titan, karena tidak mau membayar retribusi terlalu mahal," kata Juru Bicara Fraksi Partai Gerindra, H Sujarwoto.

Oleh karena itu, fraksi tersebut mohon penjelasan dari gubernur Sumsel dan segera menyelesaikan permasalahan ini, tuturnya.

Sementara Gubernur Sumsel, Alex Noerdin menyatakan, utang provinsi ke kabupaten dan kota itu sebagian besar sudah dibayar tahun 2015, 2016 dan 2017 berjalan sesuai dengan kemampuan kita.

"Kita juga bayar utangnya, kita juga bantu hibah sesuai dengan kemampuan, jadi tidak simpel dan sesederhana itu," katanya.