Rabu, 20 September 2017

Wali Kota Lubuklinggau berpeluang besar menang pilkada

id petahana, pilkada, mennag, peluang, peluang menang
Wali Kota Lubuklinggau berpeluang besar menang pilkada
Direktur Eksekutif LKPI Arianto memberikan penjelasan hasil survei peta elektoral calon pilkada Lubuklinggau. (Foto Antarasumsel.com/17/Yudi Abdullah)
...Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 12-19 Agustus 2017, calon petahana SN Prana Putra Sohe, tingkat elektabilitasnya cukup tinggi yakni 46,9 persen...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan SN Prana Putra Sohe berpeluang besar memenangkan pemilihan kepala daerah untuk yang kedua kali berdasarkan hasil survei Lembaga Kajian Publik Independen.

"Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 12-19 Agustus 2017, calon petahana SN Prana Putra Sohe atau yang dikenal dengan panggilan Nanan itu tingkat elektabilitasnya cukup tinggi yakni 46,9 persen unggul dari lima nama yang sekarang ini gencar mensosialisasikan diri untuk ikut bertarung pada pilkada 25 Juni 2018," kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) Arianto pada acara publikasi hasil survei peluang menang calon pada pilkada Lubuklinggau, di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, berdasarkan peta elektoral calon wali kota Lubuklingau, ada enam nama mendapat perhatian dan dukungan masyarakat yang cukup besar untuk bertarung dalam pilkada tahun depan.

Berdasarkan peta elektoral tersebut Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe memiliki angka dukungan masyarakat yang paling tinggi yakni 46,9 persen, kemudian di posisi kedua Rustam Effendi memiliki angka dukungan masyarakat 3,8 persen.

Kemudian Sulaiman Kohar (wakil wali kota Lubuklinggau sekarang) memiliki angka dukungan masyarakat sebesar 2,4 persen, Suhada (0,2 persen), dan Rodi Wijaya berdasarkan survei memiliki angka dukungan masyarakat sebesar 0,2 persen.

Sementara masyarakat yang memiliki hak pilih pada pilkada 2018 belum menentukan pilihan kepada calon mana yang layak menjadi pemimpin Kota Lubuklinggau juga cukup besar yakni sekitar 46,5 persen.

Berdasarkan peta elektoral calon wali kota tersebut, calon petahana memiliki peluang yang sangat besar untuk kembali menduduki kursi jabatan orang nomor satu di Kota Lubuklinggau itu, katanya.

Menurut dia, tingginya elektabilitas SN.Prana Putra Sohe diungkapkan masyarakat yang secara terbuka menentukan pilihannya dalam wawancara dengan tim survei LKPI bahwa yang bersangkutan sudah ada bukti nyata membangun Kota Lubuklinggau dan orangnya perhatian kepada rakyat.

Meskipun hasil survei tersebut peluang calon petahana cukup besar untuk memenangkan pilkada, bukan berarti tertutup kesempatan calon lain untuk mengikuti dan memenangkan pilkada karena masih terdapat 46,5 persen masyarakat belum menentukan pilihan kepada calon mana yang layak menjadi pemimpin Kota Lubuklinggau, kata Direktur Eksekutif LKPI.

Editor: Yudi Abdullah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga