Gerindra minta Pemprov Sumsel jelaskan kontribusi BUMD

id BPR Sriwijaya, Jamkrida, PT Swarna Dwipa, Bank SumselBabel, politik, bumd, perusahaan, pemprov sumsel

Gerindra minta Pemprov Sumsel jelaskan kontribusi BUMD

Anggota DPRD Sumsel. (Antarasumsel.com/Ist/adv)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumatera Selatan meminta agar Pemprov menjelaskan secara rinci tentang kontribusi BUMD-BUMD seperti BPR Sriwijaya, Jamkrida, PT Swarna Dwipa, Bank SumselBabel dan BUMD lainnya yang mendapatkan investasi dari APBD Sumsel.

"Apakah kontribusi BUMD tersebut signifikan," kata Juru bicara Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumatera Selatan, Sujarwoto di Palembang, Senin.

Menurut dia, bila tidak signifikan pihaknya minta Pemprov Sumsel untuk mengevaluasi semua BUMD tersebut.

Bila memungkinkan Pemprov Sumsel dapat memberikan standar besaran angka kontribusi yang harus disetorkan ke kas Pemprov Sumatera Selatan. Termasuk kontribusi built operate transfer (BOT) kontribusinya juga dilaporkan secara rinci, katanya.

Ia mengatakan, fraksi itu juga minta penjelasan tentang seluruh pengalihan aset Pemprov kepada pihak ketiga agar dapat dilaporkan sejak tiga tahun terakhir.

Ia menyatakan, dengan begitu dapat diketahui bersama sebesar apa kontribusi yang dihasilkan dari pengalihan aset tersebut.

"Sebagai contoh yang kami pantau adalah aset Pemprov dijadikan alfa mart di Jalan Jenderal Sudirman depan Kodam, Jalan Bay Salim Batu Bara dan di tempat-tempat lainnya," ujarnya.

Sementara juru bicara Fraksi Golkar, Sri Mulyadi meminta penjelasan berkaitan dengan penyertaan modal (investasi) langkah-langkah apa yang akan diambil oleh Pemprov Sumsel agar penyertaan modal ini akan segera memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah provinsi Sumsel.