BPJS kesehatan alami peningkatan jumlah peserta

id bpjs, bpjs kesehatan

BPJS kesehatan alami peningkatan jumlah peserta

Peserta BPJS KESEHATAN MENINGKAT (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palembang mengalami peningkatan jumlah peserta di wilayah kerjanya yang merupakan komitmen dalam menyukseskan program Jaminan Kesehatan nasional-kartu Indonesia Sehat.

"Peningkatan kinerja tersebut merupakan komitmen kami dan pemerintah daerah setempat dalam menyukseskan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Sumatera Selatan, Diah Sofiati saat Ekspos Publik Capaian Kinerja BPJS Kesehatan, Selasa.

Peserta BPJS Kesehatan Palembang dengan cakupan wilayah Palembang, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Kabupaten Banyuasin, Ogan Ilir dan Kabupaten Ogan Komering Ilir sampai akhir semester pertama 30 Juni 2017 tercatat mencapai 2.477.419 jiwa.

"Jumlah ini termasuk di dalamnya peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS oleh Pemda Muba melalui program Jamkesda," katanya.

Menurut Diah, para peserta yang diintegrasikan tersebut antara lain 7.438 jiwa dari daerah Muba dan 19.991 jiwa dari Banyuasin. Keduanya melalui Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Mengenai pertumbuhan jumlah peserta, menurut dia, juga diiringi dengan pertumbuhan fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Tercatat hingga kini BPJS Kesehatan Cabang Palembang bermitra dengan 386 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri atas 152 Puskesmas, 97 dokter praktik perorangan, 15 dokter praktik gigi perorangan dan 104 klinik pratama.

"Untuk Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), saat ini kami sudah menyebar ke 34 FKRTL mencangkup rumah sakit, apotek dan optik," kata dia.

Untuk meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan berbagai inovasi dan terobosan dilakukan seperti kemudahan melakukan pendaftaran.

Kemudahan tersebut dilakukan selain pendaftaran di kantor cabang maupun kantor layanan operasional kabupaten/kota, juga dapat dilakukan melalui website, bank mitra bekerjasama dengan BPJS Kesehatan maupun BPJS care center 1500-400.

Begtu juga melalui sistem dropbox di kabtor Cabang BPJS Kesehatan melalui kantor kecamatan, aplikasi mobile dan JKN.

"Pendaftaran melalui mitra kerja saat ini juga tengah dikembangkan melalui mitra kerja dengan membuka point if service di pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnya," ungkap dia.