Pemeriksaan hewan kurban di 50 titik Palembang

id kurban, hewan kurban

Pemeriksaan hewan kurban di 50 titik Palembang

Pemeriksaan hewan kurban di Palembang (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan melakukan pemeriksaan hewan kurban di 50 titik dalam wilayah kota setempat.

"Tim petugas sudah kami sebar di titik tersebut sejak satu minggu lalu," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Drh Desi CM di sela pemeriksaan di kawasan Demang Lebar Daun, Selasa.

Dijelaskannya, masing-masing tim yang terdiri atas dokter hewan, petugas, dan paramedik itu melakukan pemeriksaan tiap hewan kurban sesuai ketentuan layak kurban.

"Para petugas mendatangi penjual hewan kurban dan peternakan yang ada dan memeriksa kondisi kelayakan hewan tersebut," jelas dia.

Berbagai pemeriksaan yang dilakukan petugas di lapangan diantaranya adalah pemeriksaan gigi, kuku, umur, dan lainnya berkaitan dengan kelayakan hewan kurban untuk dikonsumsi.

"Hingga saat ini belum ada temuan serius berkaitan dengan penyakit hewan kurban, yang ada sebatas diare, umur belum cukup, dan kondisi hewan cacat," kata dia.