Gubernur: Usaha kopi giling tingkatkan perekonomian masyarakat

id Alex Noerdin, kopi, Festival Sriwijaya, gubernur sumsel

Gubernur: Usaha kopi giling tingkatkan perekonomian masyarakat

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (kiri) didampingi Gubernur SUmsel Alex Noerdin (dua kiri) menyaksikan pertunjukkan pada pembukaan Festival Sriwijaya . (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17) ()

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, usaha kopi giling sebagai upaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga ajang promosi harus dimaksimalkan.

"Jadi Festival Sriwijaya mengambil tema `Kopi Kita Kopi Giling Lokal` sangat tepat dalam mempromosikan minuman khas tersebut, kata gubernur di Palembang, Rabu.

Oleh karena itu, kata gubernur, usaha kopi giling yang dikoordinir Kreatifood dalam Festival Sriwijaya perlu didukung bersama.

Menurut dia, kopi bagi Sumsel merupakan salah satu hasil komoditi unggulan, sehingga bila digiling termasuk dikemas dengan baik, maka harga jualnya akan meningkat.

Sehubungan itu promosi kopi giling melalui ajang Festival Sriwijaya ini sangat tepat dalam meningkatkan pendapatan masyarakat.

Di samping itu, kegiatan tersebut menjadi wujud kesiapan Sumsel mendukung suksesnya pembangunan ekonomi kreatif Indonesia.

Yang jelas, lanjut dia, tema "Kopi Kita Kopi Giling Lokal" sangat tepat karena kopi terbaik berasal dari Sumatera Selatan yakni Semendo Coffee.

Gubernur mengatakan, ia pernah berada di salah satu restoran di New York Amerika Serikat dan di sana ada dijual kopi Semendo (Semendo Coffee).

Ini membuktikan bahwa kopi giling memiliki nilai tersendiri yang juga bekelas, kata dia.

Dia mengatakan, sehubungan itu mari bersama-sama meningkatkan mutu kopi supaya nilai jualnya semakin tinggi.

Jadi selain rutin melaksanakan promosi, kualitas juga terus ditingkatkan supaya nilai jual akan semakin mahal, tambah dia.