Ribuan peserta didik Paud karnaval hari anak

id Harnojoyo, Fitrianti Agustinda, Palembang, Paud, karnaval, Wali Kota

Ribuan peserta didik Paud karnaval hari anak

Ilustrasi. (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17) ()

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 6.000 peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti karnaval peringatan Hari Anak Nasional dan HUT RI ke-72 di halaman Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Kamis.

Wali Kota Palembang Harnojoyo didampingi Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda membuka dan melepas langsung peserta karnaval PAUD yang jumlahnya mencapai 6.000 peserta.

Setiap siswa PAUD berkarnaval didampingi orangtuanya melewati panggung kehormatan dan bergerak mengelilingi kawasan Kambang Iwak.

Beragam pakaian adat dikenakan anak-anak berusia antara 4-6 tahun ini.

Para peserta bertambah semangat ketika mendapat sapaan dan nyanyian semangat dari Walikota, Wakil Wali Kota dan undangan lainnya yang berada di panggung kehormatan.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan karnaval yang digelar ini selain dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional dan HUT kemerdekaan RI, juga bertujuan untuk mengenalkan keberagaman budaya di Indonesia kepada para peserta yang masih duduk di bangku PAUD.

"Dengan demikian akan tumbuh rasa kecintaan mereka terhadap bangsa ini, terhadap budaya bangsa ini yang begitu beragam," kata Harnojoyo.

Ia mengatakan pemkot terus mendorong agar setiap anak mendapatkan kesempatan untuk mengenyam PAUD.

"PAUD merupakan sarana untuk memperkenalkan pendidikan formal ke anak. Melalui PAUD diharapkan kualitas anak Indonesia semakin baik," kata dia.

Saat ini ada sekitar 5.316.120 anak atau sekitar 27,65 persen anak usia 3-6 tahun yang belum mengenyam PAUD.

Sedangkan dari data desa masih ada sekitar 24.684 desa di seluruh Indonesia yang belum ada layanan PAUD.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud Harris Iskandar mengatakan Indonesia ingin memperluas PAUD, targetnya pada 2030 seluruh desa di Indonesia telah memiliki satu PAUD.

"Saat ini sudah 72,35 persen wilayah di Indonesia memiliki PAUD, targetnya pada 2019 angka ini meningkat menjadi 77,2 persen," kata dia.