Senin, 25 September 2017

Sekanak Kerihin diharapkan jadi wisata berbasis kuliner

id Sudirman Tegoeh, wisata, kuliner, Dinas Kebudayaan
Sekanak Kerihin diharapkan jadi wisata berbasis kuliner
Dokumentasi- Seorang penjual makanan khas Palembang tengah merapikan dagangan miliknya di salah satu pinggiran jalan pusat Kota Palembang. (Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekanak Kerihin, Palembang nantinya diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata berbasis kuliner, sehingga menarik untuk dikunjungi wisatawan.

"Sekanak Kerihin ini segera diluncurkan dalam waktu dekat," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Tegoeh, Kamis.

Menurut dia, ada dua maknanya memelihara salah satu sudut kota tua di Kota Palembang, karena di Sekanak itu sekitar 75 persen bangunan tua yang umurnya di atas 50 tahun, mayoritas peninggalan Belanda.

Kemudian, di sana juga terdapat bangunan bioskop tertua di Palembang yaitu Bioskop Rex dan bangunan lainnya.

Ia mengatakan, di samping memelihara kota tua, tetapi juga menumbuhkan ekonomi berbasis kuliner. Ke depan Sekanak ini diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata berbasis kuliner.

Ia menuturkan, di sana nantinya orang bisa santai sambil minum kopi dan restoran juga dekorasinya dibuat tempo dulu, walaupun makanannya kekinian.

Masyarakat juga diimbau kalau nantinya sudah jadi untuk membuka tokonya pada malam hari. Ini upaya dalam memelihara sudut kota tua Palembang, jadi layaknya seperti Braga Bandung, ujarnya.

Ia menyampaikan, kalau kawasan Sekanak itu ditata dengan baik, maka akan tumbuh satu tempat wisata baru di bantaran Sungai Musi.

Wali Kota Palembang juga mengharapkan Sekanak itu sekitar 50 persennya sudah tertata untuk Asian Games 2018, sehingga mereka yang datang bukan semata-mata untuk olahraga, tapi juga bisa melihat keindahan sudut kota tua Palembang, katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga