Senin, 25 September 2017

Kesenian basemah meriahkan destinasi sudirman walk

id Sudirman walk, wisata, jalan sudirman
Kesenian basemah meriahkan destinasi sudirman walk
Pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman Palembang dimalam hari ( Antarasumsel.com/Aziz Munajar)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kesenian basemah, Sumatera Selatan, akan memeriahkan destinasi wisata Sudirman Walk Palembang pada setiap akhir pekan.

Ketua Komunitas Pemuda dan Mahasiswa Pagaralam Seghepat Seghendi di Palembang, Jumat, mengatakan, destinasi wisata Sudirman Walk selalu ramai setiap akhir pekan sehingga dinilai cukup efektif untuk memperkenalkan kesenian basemah.

"Kami sudah beraudiensi dengan wali kota, dan beliau sangat mendukung sekali bahkan menganjurkan dibuat acara malam seni budaya besemah Pagaralam," kata dia.

Ia mengatakan acara tersebut direncanakan akan digelar pada 30 sepetember dengan beragam kegiatan, di antaranya, penampilan seni budaya besemah, ngopi bareng masyarakat dan seniman, pameran buku, pameran foto, pengenalan dan pembagian seratus gitar kepudang, serta pengenalan dan pembagian seratus dekut.

Pembina kegiatan Bram Martian yang juga pengurus Yayasan Malaya menjelaskan acara ini sebagai bentuk ekspresi para pemuda khususnya pemuda besemah yang berdomisili di Palembang.

"Inilah kegiatan seni yang merupakan wujud nyata kepedulian anak muda pada pelestarian budayanya sendiri. Sepatutnya ini mendapatkan dukungan semua pihak," kata dia.

Destinasi wisata anyar Kota Palembang "Sudirman Walk" akan difokuskan sebagai tempat untuk menampilkan atraksi seni modern dan tradisional.

Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani mengatakan, setiap malam akhir pekan akan diupayakan munculkan seniman baru yang biasa tampil di atas panggung.

"Panggung para seniman kami alihkan ke Sudirman Walk. Mereka bebas berkreasi, mulai dari seni musik, teater, suara, dan lainnya seperti musik batang hari sembilan dan dul muluk. Sementara untuk seni modernnya diberikan juga kesempatan bagi anak muda untuk unjuk kemampuan," kata Isnaini.

Ia mengatakan dengan memakai konsep seperti kawasan Orchard Singapura, Sudirman Walk akan menjadi tempat destinasi wisata yang nyaman untuk wisatawan duduk bersantai di sepanjang jalan.

Saat ini setiap malam akan dibuat acara rutin untuk menyaksikan pagelaran seni, seperti pantomin, musik jalanan, musik khas daerah, dan lainnya.

"Sudirman Walk ini lebih kepada memunculkan hal unik sehingga akan memancing para wisatawan berkunjung dan duduk berlama-lama," ujar Isnaini.

Destinasi Sudirman Walk berada di kawasan Jalan Jenderal Sudirman yang dimulai dari depan Pasar Cinde hingga ke Masjid Agung.

Sejak dimunculkan, kawasan ini tidak pernah sepi di malam hari meski saat ini masih dilakukan pembangunan infrastruktur pedestrian (kawasan pejalan kaki) dan Light Rail Transit (jalur kereta api dalam kota).

Pemerintah Kota Palembang mendorong percepatan sektor pariwisata untuk memanfaatkan momen Asian Games XVIII tahun 2018. Salah satu yang dilakukan yakni menemukan destinasi baru wisata di dalam kota.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga