Sumsel incar 10 besar perparpenas

id Peparpenas, Ryan Yohwari, npc, prestasi, atlet

Sumsel incar 10 besar perparpenas

Dokumentasi- Atlet Sumsel jalani tes fisik (Antarasumsel.com/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kontingen Sumatera Selatan mengincar peringkat 10 besar pada Pekan Paralimpyc Pelajar Nasional (Peparpenas) di Solo, 9-14 Oktober 2018.

Ketua Umum National Paralimpyc Committee (NPC) Sumsel Ryan Yohwari di Palembang, Sabtu, mengatakan, trend positif prestasi atlet disabilitas belakangan ini menjadi modal untuk tembus 10 besar.

"Kami tidak mau mengulang luka lama pada Pekan Paralimpyc Pelajar Nasional (Peparpenas) 2015 di Jawa Barat yang hanya meraih satu keping emas dan terjun bebas di urutan 23," kata dia.

Ia mengatakan, NPC telah menyeleksi atlet yang masuk limit untuk menjadi wakil Sumsel pada Peparpenas kali ini.

Semua atlet kabupaten/kota dilakukan pemantauan karena ajang ini menjadi kesempatan untuk memunculkan atlet muda.

"Karena tak ada anggaran untuk Selekda, maka kami yang langsung turun dengan meninjau. Kuota kita ada 28 dari panitia pusat," kata Ryan.

Ia berharap, dengan membidik posisi 10 besar maka atlet diharapkan mampu memetik sedikitnya 7 emas pada multievent disabilitas ini.

Sementara itu, Wakil Bidang Binpres NPC Sumsel Faruq Rasyid mengatakan beberapa cabang olahraga andalan seperti atletik, catur, bulutangkis dan tenis meja sudah mulai terdata.

"Sudah berjalan seleksi, kami berharap secepatnya bisa tahu 28 atlet yang menjadi tim kontingen Sumsel," kata dia.

Training center (TC) harus dijalani atlet sebelum perhelatan dimulai. "Meskipun ada TC tak harus TC terpusat karena keterbatasan anggaran," kata dia.

Pada Peparnas tahun lalu Sumsel meraih 8 besar dengan 24 medali emas.