Menhub ajak lulusan sarjana kembangkan sektor konektivitas

id Budi Karya Sumadi, sarjana, konektivitas, kedaulatan negara

Menhub ajak lulusan sarjana kembangkan sektor konektivitas

Budi Karya Sumadi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak lulusan sarjana di Indonesia untuk turut mengembangkan sektor konektivitas atau perhubungan antarpulau di Indonesia.

"Saya minta dedikasi Anda terhadap negara. Indonesia ini punya puluhan ribu pulau di seluruh wilayah dan kita perlu menjaga hubungan erat agar kedaulatan negara selalu bisa dijaga," kata Budi Karya ketika hadir acara Wisuda Universitas Sjakhyakirti, Palembang, Sabtu.

Ia menjelaskan hal tersebut sesuai dengan amanat dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Yusuf Kalla yang tertuang dalam Nawacita. Menurutnya hal tersebut bisa dicapai apabila ada semangat yang diusung bersama, terutama dengan dedikasi sarjana.

Lebih lanjut Budi mengatakan selain transportasi perhubungan darat, saat ini Kementerian Perhubungan juga fokus pada pengembangan transportasi laut seperti dibangunnya tol laut.

"Bukan hanya darat dan laut perlu dikembangkan, bahkan sebagai penunjangnya juga ada tol udara untuk menjamin ketersediaan barang dan mengurangi disparitas harga di wilayah pinggir perbatasan tersebut," tuturnya.

Menyinggung wilayah Sumatera Selatan, Menteri Perhubungan mengatakan bahwa saat ini Palembang menjadi pioner untuk transportasi massal berjenis LRT.

"Ini transportasi massal pertama di Indonesia. Dalam suasana pembangunan ini, Palembang dapat penghargaan dibangun pertama kali, oleh karena itu harus kita hargai rawat dan kembangkan fasilitas tersebut," ujarnya.

Dalam acara yang dihadiri sebanyak 700 wisudawan tersebut, Ia mengucapkan selamat bagi para lulusan serta mengingatkan bahwa saat ini Indonesia membutuhkan banyak tenaga ahli yang mampu mengembangkan kebijakan publik, khususnya berhubungan dengan transportasi serta infrastruktur penunjangnya.