Menpan-RB minta ASN ubah budaya kerja

id Asman Abnur, Revolusi Mental, budaya kerja

Menpan-RB minta ASN ubah budaya kerja

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Menpan RB) Asman Abnur (ANTARA /Didik Suhartono) (ANTARA FOTO)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur meminta ASN untuk mengubah budaya kerja di setiap instansi pemerintah dalam melakukan Revolusi Mental seperti yang dicanangkan pemerintah.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, Asman menjelaskan sedikitnya ada sepuluh perubahan yang harus dilakukan guna menciptakan ciri budaya kerja yang baik di lingkungan organisasi, termasuk organisasi pemerintahan.

"Pertama, kepekaan terhadap orang lain, yakni kepekaan terhadap para pengguna layanan, pemangku kepentingan, bawahan, atasan, pegawai lainnya, serta lingkungannya," kata Asman saat membuka Rembuk Nasional Gerakan Indonesia Melayani di Solo, Sabtu.

Ciri kedua, lanjut dia, ialah selalu tertarik untuk berinovasi yang memerlukan keterbukaan organisasi dalam memberikan kesempatan pegawai dalam menyampaikan ide.

Selanjutnya adalah keberanian untuk mengambil risiko, memperlakukan pegawai sebagai aset paling berharga bagi organisasi, adanya keterbukaan komunikasi bagi pegawai, keharmonisan serta keeratan hubungan antarpegawai.

Untuk menciptakan budaya kerja dengan ciri-ciri di atas, lanjut Asman, perlu dilakukan sejumlah perubahan. Yang pertama adalah mengubah cara melayani masyarakat mulai dari sisi perilaku para petugas, pegawai dan pejabat.

"Kita harus memiliki perilaku standar, mulai dari keharusan untuk selalu menunjukkan keramahan, ketulusan, tersenyum, kepekaan, kedisiplinan, fokus, selalu mendengar, menghormati, dan lainnya," kata dia.

Apa yang dicanangkan oleh Menteri PANRB dalam rembuk nasional Gerakan Indonesia Melayani selaras dengan arahan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang diberikan pada Pembukaan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental 2017 di Stadion Manahan Solo, Jumat (25/8).

Puan Maharani menegaskan bahwa Aparatur Sipil Negara harus menjadi motor awal perubahan sesuai dengan revolusi mental.