Rabu, 20 September 2017

Lulu Hashimoto, "boneka hidup" yang jadi model

id Lulu Hashimoto, objek, seni, tokyo, boneka hidup
Lulu Hashimoto,
Lulu Hashimoto . (instagram/luluidoll)
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Perkenalkan Lulu Hashimoto, "boneka hidup" yang jadi tren terbaru di dunia fashion modeling Tokyo.

Lulu - sebuah boneka seperti manusia yang terdiri dari wig, topeng dan stoking berpola - lahir dari keinginan seorang wanita untuk menjadi imut.

"Saya dari dulu menyukai boneka dan bagi saya, boneka melambangkan sesuatu yang imut," kata perancang busana Hitomi Komaki (20), pencipta Lulu seperti dilansir Reuters.

Berdandan sebagai maskot, disebut "kigurumi" dalam bahasa Jepang, adalah bentuk seni populer di Jepang. Komaki membawakanya ke level lebih tinggi dengan menciptakan setelan body suit yang terlihat seperti boneka dan memungkinkan penggunanya bergerak seperti manusia.


"Banyak orang menyebut proyek saya sebagai fetis, tapi bagi saya itu bukan fetis melainkan fashion," katanya. "Ini seperti memakai baju bagus atau memakai bulu mata palsu agar terlihat lebih manis."

Hanya ada satu body suit Lulu, kata Komaki, tapi kostum itu sudah pernah dipakai oleh penari, perancang dhingga model.

Identitas pemakainya dirahasiakan, imbuh dia.

Stoking yang dikenakan oleh Lulu diciptakan oleh perancang busana bernama Koh Ueno, yang mengecat gambar persendian boneka di bahan itu.

"Saya ingin melihat wanita memakai stoking ini dan bertransformasi," kata Ueno yang berusia 29 tahun.

"Saya ingin mereka merasakan hal yang luar biasa - merasakan dunia lain, artifisial, atau jadi seperti boneka," katanya.

Selain populer di kalangan penggemar subkultur Jepang, Lulu juga mengikuti kontes kecantikan tahunan Miss iD dimana dia menjadi salah satu dari 134 kandidat semi final yang dipilih dari sekitar 4.000 peserta.

Kontes, yang mencakup karakter "non-manusia" yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan dan grafis komputer tiga dimensi untuk pertama kalinya, akan mengumumkan pemenang pada bulan November.

Kemampuan Lulu untuk mengaburkan batas antara realitas dan fiksi telah memikat penggemar di media sosial, di mana akun Twitter Lulu dan Instagram telah menarik puluhan ribu pengikut.

"Saya merasa ajaib bahwa boneka dan manusia - dua hal yang ada di dunia yang berbeda - berdiri di tempat yang sama," kata Erika Kato, 24, yang bertemu dengan Lulu untuk pertama kalinya dalam sebuah acara penggemar baru-baru ini.

Kemungkinan memakai body suit dan menjadi Lulu juga menarik penggemar seperti Miu Shimoda yang berusia 22 tahun.

"Saya ingin menjadi gadis cantik seperti Lulu setidaknya sekali seumur hidup saya," katanya. (Nanien Yuniar)

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga