Senin, 23 Oktober 2017

2.000 hektare hutan UMB untuk konservasi Rafflesia

id hutan, konservasi, Rafflesia, perbaikan
2.000 hektare hutan UMB untuk konservasi Rafflesia
Dokumentasi- Rafflesia saat berkembang. (ANTARA)
Bengkulu (ANTARA Sumsel) - Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) menjadikan hutan pendidikan seluas 2.000 hektare di Kabupaten Bengkulu Tengah sebagai area konservasi puspa langka Rafflesia sp.

"Salah satu fokus kegiatan di hutan pendidikan adalah untuk koservasi bunga langka endemik hutan Sumatera, Rafflesia arnoldii," kata Direktur Hutan Pendidikan UMB, Sunaryadi di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan hutan pendidikan seluas 2.000 hektare yang berada dalam areal Hutan Lindung Bukit Daun register 5 itu telah mendapat izin pengelolaan dari Menteri Kehutanan pada 2015.

Pihak kampus menggandeng Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu untuk pemetaan dan penataan batas hutan pendidikan yang dapat dikelola.

"Kami mulai dengan pemetaan dan tata batas serta memotret kondisi tutupan hutan," ucapnya.

Sedangkan untuk konservasi bunga Rafflesia, UMB menggandeng Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung dan telah merancang sejumlah kegiatan bersama, antara lain pemetaan habitat bunga Rafflesia arnoldii di kawasan itu.

Sunaryadi menambahkan, kondisi hutan pendidikan yang berada di perbatasan Kabupaten Kepahiang dan Bengkulu Tengah itu sebagian sudah berubah fungsi menjadi kebun kopi.

"Kami akan identifikasi dulu dan melakukan beberapa kegiatan untuk pemulihan kawasan sesuai dengan peruntukannya yaitu fungsi lindung," kata dia.

Dalam jangka panjang kata dia, kawasan tersebut akan dikembangkan untuk pemanfaatan jasa lingkungan berupa ekowisata dan menjadi area penelitian.

Kepala BKSDA Bengkulu-Lampung, Abu Bakar menambahkan kerja pelestarian bunga rafflesia di area hutan pendidikan tersebut akan mendukung upaya konservasi  puspa langka  yang masuk dalam kategori flora dilindungi itu.

"Kami mengapresiasi UMB untuk mengembangkan riset tentang puspa Rafflesia arnoldii karena pengetahuan tentang ekologi reproduksi tumbuhan ini masih minim," ujarnya.

Menurut Abu, area hutan pendidikan yang dikelola UMB tersebut merupakan habitat esensial bagi Rafflesia arnoldii.

Rafflesia arnoldii merupakan satu dari empat jenis bunga rafflesia yang sudah teridentifikasi di hutan Bengkulu. Selain jenis Rafflesia arnoldii, hutan Bengkulu juga menjadi habitat Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia gadutensis dan Rafflesia hasselti.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga