Bawaslu Sumsel tanam pohon bersama Panwas kabupaten

id Panwas, pengawas pemilu provinsi, kpu, pilkada, kabupaten, kota

Bawaslu Sumsel tanam pohon bersama Panwas kabupaten

Ketua dan anggota bawaslu sumsel tanam pohon ketapang kencana .(Antarasumsel.com/Susilawati/Ang/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Bawaslu Sumatera Selatan bersama panitia pengawas pemilu di 17 kabupaten dan kota di Sumsel menanam pohon di halaman kantor badan pengawas pemilu provinsi setempat.

"Kami ingin menuntaskan pekerjaan periode 2012-2017 dengan melakukan pelantikan panwas kabupaten/kota dan penanaman pohon," kata Ketua Bawaslu Sumatera Selatan, Andika Pranata Jaya di Palembang, Minggu.

Menurut dia, pada hari ini dilakukan penanaman sebanyak 17 pohon ketapang kencana. pohon itu mempunyai arti 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

Sementara pohon Ketapang Kencana adalah pohon peneduh, rindang yang menaungi Bawaslu tumbuh berkembang berdiri tegak lurus sesuai dengan azas penyelenggara pemilu bahwa dia harus mandiri, profesional dalam menjalankan tugas, katanya.

Ia mengatakan, untuk pelantikan panwas 17 kabupaten dan kota di Sumsel akan dilaksanakan pada Senin (28/8) pagi.

Dalam waktu dekat di sembilan kabupaten dan kota di Sumatera Selatan akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) dan gubernur, ini adalah beban pertama yang harus dilalui oleh panwas kabupaten dan kota terpilih bakal dilantik pada Senin besok.

Ia menuturkan, dalam setiap periode pelaksanaan pilkada persoalannya selalu berbeda-beda tetapi dengan cara penanganan maksimal yang bisa dilakukan bawaslu bersama panwas kabupaten dan kota.

"Kami meyakini jajaran Bawaslu, panwas kabupaten dan kota bisa memaksimalkan tugas dan memberikan kepastian hukum dalam proses pelaksanaan pilkada di Sumsel," katanya.

Pada pilkada serentak 2018 akan diikuti sembilan kabupaten dan kota di Sumsel dan ditambah pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan.