Sabtu, 23 September 2017

HK optimistis Proyek tol TAA tetap jalan

id Hutama Karya, tol, pembuatan jalan, bebas hambatan, Tanjung Api-Api
HK optimistis Proyek tol TAA tetap jalan
Iluatrasi- pembangunan jalan tol. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/dol/17) ()
Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Hutama Karya optimistis proyek Jalan Tol Palembang-Tanjung Api-Api (TAA) tetap berjalan meski meleset dari target awal yang seharusnya mulai dikerjakan pada pertengahan 2017.

Manajer Proyek PT Hutama Karya Hasan Turcahyo di Palembang, Senin, mengatakan, proyek tol dipastikan tetap berjalan karena telah memiliki payung hukum yakni Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 100 Tahun 2014.

"Proses perencanaannya telah dilakukan pada Agustus 2017 sehingga kemungkinan besar akan dimulai kontruksi fisiknya pada pertengahan tahun depan," kata Hasan.

Ia mengatakan ketidaksesuaian dari target ini lantaran proses perencanaan baru dimulai pada Agustus 2017, sementara Hutama Karya yang dipercaya negara untuk mengerjakan sudah menuntaskan pembuatan amdal (analisa dampak lingkungan) pada Maret 2017.

"Kini sedang jalan proses desain kontruksinya. Tapi sayangnya, proses perencanaan proyek baru jalan Agustus ini," kata Hasan.

Ia mengatakan sejumlah hal masih harus dilakukan dalam proses perencanaan, di antaranya analisa bisnis dari jalan tol tersebut.

Jalan tol itu direncanakan menjadi akses utama menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) TAA dari Palembang.

Jalan tol ini direncanakan masuk dalam koridor Trans Sumatera yang juga akan terhubung dengan tol Palindra. Jalan tol ini akan berawal dari kawasan Musi Landas menujuk kawasan KEK yakni tepatnya ke batas hutan lindung. Sisanya masih sekitar 10 kilometer menuju Pelabuhan Tanjung Carat yang sudah masuk ke otoritas pelabuhan.

"Tentunya kehadiran dari investor di KEK juga menjadi pertimbangan apakah proyek jalan tol ini siap dijalankan atau tidak. Tapi informasi yang saya dengar, sudah ada perusahaan yang mau bangun industrinya di sana," kata dia.

Selain membangun Tol Palembang-KEK, HK juga sedang menyelesaikan proyek Tol Palembang-Inderalaya (Palindra) 22 kilometer.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga