Senin, 25 September 2017

Puskesmas Palembang layani penderita HIV/AIDS

id Fitrianti Agustinda, Puskesmas, HIV/AIDS, penyakit, berobat,
Puskesmas Palembang layani penderita HIV/AIDS
Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda (tengah) berdialog dengan petugas saat melakukan sidak layanan di Puskesmas di Palembang, Sumatera Selatan.(Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/Ang/17)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sejumlah pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kota Palembang telah membuka layanan bagi penyakit menular, salah satunya HIV/Aids untuk memudahkan warga mendapatkan pelayanan tingkat pertama.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Senin, mengatakan, Puskesmas menyediakan ruangan khusus bagi penderita penyakit menular ini.

"Jangan ragu-ragu, bagi warga yang sudah terdeteksi menderita HIV/Aids karena layanan sudah bisa didapatkan dari puskesmas. Namun, jika Puskesmas tidak mampu tentunya akan dirujuk ke rumah sakit," kata Finda, sapaan akrab Fitrianti.

Namun ia memberikan catatan bahwa puskesmas tidak cepat-cepat memberikan surat rujukan ke rumah sakit karena terdapat 150 penyakit yang terdata bisa ditangani di puskesmas.

Apalagi sebagian besar puskesmas di Palembang telah memiliki tenaga dokter, bahkan beberapa telah memiliki tenaga dokter spesialis.

"Jika sakit ringan, masyarakat diharapkan tidak langsung ke rumah sakit, begitu juga sebaliknya pihak puskesmas tidak dengan cepat memberikan rujukan," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Letizia mengungkapkan, layanan untuk penyakit menular di Puskesmas saat ini sudah dimanfaatkan masyarakat.

"Ada dua rumah sakit, yakni RS Mohammad Husein dan RS RK Charitas. Kalau memang harus dirujuk, maka pasiennya akan dirujuk," kata dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga