Bawaslu Sumsel lantik Panwas 17 Kabupaten/Kota

id Panwas, pelatikan, anggota pengawas, Andika Pranata Jaya

Bawaslu Sumsel lantik Panwas 17 Kabupaten/Kota

Pelantikan Panwas Kabupaten dan Kota di Sumsel (Antarasumsel.com/Susilawati/Ang/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketua Bawaslu Sumatera Selatan Andika Pranata Jaya melantik anggota panitia pengawas pemilihan untuk 17 kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Pelantikan panwas pemilihan untuk 17 kabupaten/kota itu dilakukan di Palembang, Senin yang juga dihadiri Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Koordinator Divisi Hukum Bawaslu RI, Pritz Edward Siregar.

Menurut Pritz, direncanakan pada hari ini semua panwas pemilihan dilantik, karena mereka itu harus mengikuti bimbingan teknis.

"Pada hari ini sudah selesai semua pelantikan panwas, karena dalam minggu ini mereka sudah harus mengikuti bimtek," katanya.

Ia mengatakan, para panwas itu pada September nanti sudah harus memilih panwascam. Jadi, mereka itu bersiap untuk memilih panwascam dan melakukan verifikasi partai politik pada Oktober 2017.

Seharusnya satu bulan sebelum verifikasi partai politik panwascam itu sudah terbentuk, ujarnya.

Ia mengatakan, untuk pengumuman seleksi calon panwascam itu mestinya dilakukan bulan depan di masing-masing kabupaten dan kota di Sumsel.

Sementara mengenai naskah perjanjian hibah daerah (NPHD), ia menyampaikan, memang untuk NPHD itu belum ditandatangani, tapi sudah diinstruksikan di masing-masing daerah. Sementara untuk penandatanganannya setelah panwas dilantik.

Jadi, para panwas kabupaten dan kota yang dilantik pada hari ini, besok sudah siap untuk bekerja, katanya.

Pada pilkada serentak 2018 diikuti sebanyak sembilan kabupaten dan kota di Sumsel dan ditambah pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan.