Pelemahan dolar AS picu emas melonjak ke tertinggi baru

id emas, logam mulia, logam kuningan, COMEX New York, Mercantile Exchange, Dolar AS,

Pelemahan dolar AS picu emas melonjak ke tertinggi baru

Koin emas (Antarasumsel.com/Reuters)

Chicago (Antara/Xinhua) - Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange melonjak ke level tinggi baru sejak akhir September lalu pada Senin (Selasa pagi WIB), didukung oleh terus melemahnya dolar AS.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember, naik 17,40 dolar AS atau 1,34 persen menjadi menetap di 1.315,30 dolar AS per ounce.

Indeks dolar AS melihat penurunan yang terus berlanjut, mencapai 92,21 pada pukul 18.16 GMT, tingkat terendah sejak Januari 2015.

Indeks tersebut merupakan ukuran dolar terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya. Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar AS turun, emas berjangka akan naik.

Para pedagang gagal menemukan faktor-faktor yang mendukung prospek dolar dari pidato Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen pada pertemuan para pimpinan bank sentral pekan lalu. Sementara itu, euro naik ke level tertinggi terhadap dolar AS dalam lebih dari dua tahun.

Dow Jones Industrial Average juga turun 27,16 poin atau 0,12 persen menjadi 21.786,51 pada pukul 18.26 GMT. Bila ekuitas mengalami kerugian, maka emas berjangka biasanya akan naik.

Badai Harvey, beberapa analis mengatakan, menambah ketidakpastian terhadap debat anggaran mendatang dan pagu utang di Washington.

Sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman September naik 39,2 sen atau 2,3 ¿¿persen menjadi 17,441 dolar AS per ounce. Platinum untuk penyerahan Oktober naik 10,20 dolar AS atau 1,04 persen, menjadi 989,30 dolar AS per ounce.