RPP sarana dukung kegiatan Pilkada dan sosialisasi

id Pilkada, kpu, Rumah pintar, pemilihan kepala daerah, sosialisasi, pemilih baru

RPP sarana dukung kegiatan Pilkada dan sosialisasi

Komisi Pemilihan Umum (ANTARA /Muhammad Adimaja)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Rumah pintar pemilu merupakan sarana prasarana untuk mendukung kegiatan pemilihan kepala daerah dan akan dijadikan sebagai tempat sosialisasi.

Rumah pintar pemilu (RPP) ini merupakan ujung tombak bagi KPU Pusat untuk melakukan sosialisasi, terutama kepada partai politik, penyandang disabilitas dan juga bagi para pemilih pemula, kata Komisioner KPU RI, Ilham Saputra saat meresmikan rumah pintar pemilu KPU Kota Palembang, Rabu.

Menurut dia, nanti akan dicoba maksimalkan RPP ini agar masyarakat juga tahu tentang Pilkada, tentang Pemilu, tentang Pemilu keseluruhan di Indonesia.

"Kita akan terbuka untuk umum bagi siapa saja yang ingin ke RPP ini," katanya.

Selain rumah pintar pemilu ini menjadi ujung tombak pihaknya dalam mensosialisasikan terutama partai politik, kelompok masyarakat seperti kaum disabilitas dan pemilih pemula.

Ia berharap, RPP jangan menjadi museum dan di sejumlah wilayah setelah diresmikan berdebu.

RPP ini supaya dirawat dan betul-betul dijadikan ujung tombak sosialisasi.

"Rumah pintar ini akan kami maksimalkan agar masyarakat tahu mengenai pilkada, pemilu dan ada ruang audio kami buat dan video ini sangat baik bagi masyarakat yang tujuannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat," tuturnya.

Ia berharap, mereka memilih lebih rasional dan bukan karena desakan partai politik atau desakan orang tua namun betul-betul datang untuk memilih.

Pendirian rumah pintar ini berkerja sama dengan instansi terkait Kesbanglinmas, Kemendikbud, Pramuka dan bisa menularkan ke instansi mereka mengenai kepemiluan, katanya.