Rabu, 20 September 2017

Mendikbud mengenalkan Indonesia raya lengkap ke pelajar

id Muhadjir Effendy, Mendikbud, lagu kebangsaan, indonesia, raya, upacara
Mendikbud mengenalkan Indonesia raya lengkap ke pelajar
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Sukabumi (ANTARA Sumsel) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy mensosialisasikan dan mengenalkan lagu Indonesia Raya tiga stanza kepada pelajar SDN 1 Cisaat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Lagu Indonesia Raya tiga stanza ini merupakan lagu asli yang dibuat WR Supratman yang nantinya wajib dinyanyikan saat upacara bendera di setiap sekolah," katanya di sela sosialisasi lagu Indonesia Raya tiga stanza di SDN 1 Cisaat, Kamis.

Menurutnya, lagu Indonesia Raya tiga stanza perlu dihapal oleh setiap warga Indonesia. Maka dari itu sosialisasi terus digenjot kepada para pelajar mulai dari seklah dasar. Diakuinya, syair lagu tersebut memang panjang dan pasti masih banyak yang belum hapal.

Namun demikian, sebelum memberlakukan kebijakan tersebut pihaknya tetap meminta masukan dari setiap sekolah. Sebab jika dilaksanakan saat upacara bendera durasinya bisa mencapai tujuh menit, sehingga nantinya lagu tersebut dibarengkan saat pengibaran bendera atau saat hormat bendera saja.

Di sisi lain, kebijakan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza tersebut untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan  karena dalam lagu tersebut prolog, isi dan epilog. Bahkan jika melihat lirik lagu Indonesia Raya tiga stanza ini mempunyai makna yang dalam.

"Selama ini lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan saat upacara dan kegiatan lainnya hanya bait pertamanya saja, tambahnya.

Muhadjir mengatakan maka dirasa perlu untuk mengenalkan lagu kebangsaan ini kepada warga khususnya kepada anak di usia dini agar mengetahui makna setiap penggalan lagi tersebut.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga