Arab Saudi denda pelanggar peraturan haji 1,4 juta dolara AS

id haji, arab saudi, denda, melanggara hukum, peraturan, izin tinggal

Arab Saudi denda pelanggar peraturan haji 1,4 juta dolara AS

Dokumen foto jamaah haji beribadah mengelilingi Kabah di Masjidil Haram menjelang puncak ibadah haji di Makkah, Arab Saudi. (ANTARA)

Riyadh, Arab Saudi (Antara/Xinhua-OANA) - Arab Saudi menjatuhkan denda yang sama dengan 1,4 juta dolar AS atas pelanggar peraturan Haji, demikian laporan Saudi Press Agency pada Kamis (31/8).

Sampai Kamis, 90 hukuman administratif telah dikeluarkan terhadap pelanggaran peraturan Haji termasuk orang yang menunaikan Ibadah Haji tanpa izin, kata Direktorat Jenderal Paspor di Kantor Imigrasi Arab Saudi.

Hukuman tersebut mulai dari denda, hukuman penjara, deporatasi, pencemaran nama baik sampai penyitaan kendaran yang digunakan untuk mengangkut jamaah, kata Kantor Imigrasi Arab Saudi, sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat siang.

Sebanyak 498 orang yang tak memiliki izin telah ditangkap, tambah Kantor Imigrasi.

Masih pada Kamis, Kementerian Kesehatan mengaakan di dalam satu pernyataan bahwa Musim Haji tahun ini telah berlangsung tanpa wabah atau kasus karantina, berkat langkah pencegahan dini dan langkah lain untuk menjaga kesehatan dan keselamatan jamaah.(Uu.C003)