Bulgaria akhiri kutukan 50 tahun terhadap Swedia

id sepakbola, bulgaria, swedai, Piala Dunia, zona Eropa, Grup A

Bulgaria akhiri kutukan 50 tahun terhadap Swedia

Ilustrasi- Pertandingan sepak bola. (Antarasumsel.com/REUTERS)

Sofia (Antara/Reuters) - Ivaylo Chochev mencetak gol 11 menit sebelum pertandingan usai untuk membawa Bulgaria menang 3-2 atas Swedia, Kamis, pada kualifikasi Piala Dunia zona Eropa Grup A yang berlangsung sengit, yang menghasilkan empat gol di babak pertama, untuk mengakhiri kutukan tidak pernah menang selama 50 tahun dari tim Skandinavia itu.  

Hasil ini membuat Swedia, yang tidak terkalahkan dari sepuluh pertandingan kompetitif sebelumnya melawan Bulgaria terhitung sejak 1967, menduduki peringkat kedua dengan 13 angka dari tujuh pertandingan, tertinggal tiga angka dari Prancis, yang menang 4-0 atas Belanda.

Bulgaria, yang tetap berada di jalur untuk mencapai putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1998, naik ke peringkat ketiga dengan 12 angka, diikuti Belanda dengan sepuluh angka.

Tuan rumah membuka keunggulan ketika Stanislav Manolev menanduk umpan silang akurat dari sisi kiri yang dilepaskan Georgi Milanov untuk melewati kiper Robin Olsen pada menit ke-12, yang menjadi gol pertama Bulgaria ke gawang Swedia sejak 1993, kurun waktu di mana mereka menelan tujuh kekalahan beruntun.

Empat menit berselang kiper Bulgaria Plamen Iliev, yang melakukan debut kompetitifnya, menggagalkan penalti Emil Forsberg, yang dihadiahkan wasit karena pelanggaran Georgi Kostadinova terhadap kapten Swedia Andreas Granqvist.

Tim tamu menyamakan kedudukan ketika bek kanan Mikael Lustig mencetak gol dengan tandukan kepala dari umpan silang Ludwig Augustinsson pada menit ke-29 namun Bulgaria mampu segera merestorasi keunggulan mereka, berkat gol Georgi Kostadinov, yang mencetak gol untuk pertandingan kedua secara beruntun.

Markus Berg mengubah skor menjadi 2-2 dua menit sebelum turun minum, tidak memberi kesempatan kepada Iliev melalui sundulan dari umpan silang Lustig di sayap kanan.

Pada babak pertama, pelatih Bulgaria Petar Hubchev diusir ke tribun penonton oleh wasit asal Italia Paolo Tagliavento setelah memprotes keputusan sang pengadil.

Bulgaria bertahan pada babak kedua ketika Swedia menciptakan sejumlah peluang, di mana Iliev melakukan serangkaian penyelamatan bagus, dan Chochey mencetak gol penentu kemenangan melalui tembakan dari jarak 18 meter untuk memicu kegembiraan para penonton di Stadion Nasional Vasil Levski.

Bulgaria akan mengunjungi Belanda pada Minggu pada pertandingan selanjutnya di grup, sedangkan Swedia berhadapan dengan Belarus. (H-RF)