Jumat, 20 Oktober 2017

LKPI: belum ada cagub Sumsel unggul signifikan

id pilkada, survei, cagub, unggul, signifikan, hadil survei
LKPI: belum ada cagub Sumsel unggul signifikan
Direktur Eksekutif LKPI Arianto mempublikadikan hasil survei. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)
...Seluruh bakal calon gubernur Sumsel memiliki peluang untuk bertarung seimbang...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Lembaga Kajian Publik Independen menyatakan berdasarkan survei dan peta elektoral calon gubenur Sumatera Selatan hingga September 2017 ini belum ada seorangpun yang unggul signifikan.

Seluruh calon gubernur yang sekarang ini mensosialisasikan diri untuk mengikuti pertarungan dalam pilkada 2018 seperti Herman Deru, Ishak Mekki, Dodi Reza Alex, Syaifudin Aswari Rivai, Eddy Santana Putra, dan Syahrial Oesman belum ada yang mendapatkan dukungan masyarakat di atas 50 persen atau unggul signifikan, kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) Arianto, saat memaparkan hasil survei pada 16-27 Agustus 2017, di Palembang, Minggu.

Dia menjelaskan, sekarang ini pihaknya berupaya melakukan survei untuk mengukur tingkat pengetahuan masyarakat terkait pelaksanaan pilkada Sumsel pada Agustus 2018.

Berdasarkan survei tersebut, selain terungkap masih banyak masyarakat Sumsel yang tersebar di 17 kabupaten dan kota yang belum mengetahui pilkada gubernur yang akan dilaksanakan secara serentak bersama delapan pilkada kabupaten/kota, juga diperoleh peta kekuatan sejumlah calon gubernur yang cukup populer atau dikenal masyarakat namun belum ada yang unggul signifikan.

Berdasarkan hasil survei terhadap 830 responden dengan pertanyaan apakah masyarakat pemilih kenal atau pernah mendengar nama-nama bakal calon gubenur yang akan turun dalam pertarungan pilkada seperti Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki mendapat dukungan 10,4 persen dan tertinggi 19,4 persen.

Kemudian pengusaha yang juga mantan Bupati Ogan Komering Ulu Timur Herman Deru mendapat dukungan responden 11,4 persen dan tertinggi 19,9 persen, mantan Gubernur Sumsel Syahrial Oesman 13,6 persen,Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex 15,7 persen, Bupati Lahat Syaifudin Aswari Rivai 7,5 persen, dan mantan Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra 3,2 persen.

Melihat hasil survei tersebut, seluruh bakal calon gubernur Sumsel memiliki peluang untuk bertarung seimbang karena masih cukup banyak waktu untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas.

Hasil survei sekarang ini akan terus dikembangkan, dan diharapkan menjadi acuan bakal calon gubernur Sumsel untuk semangat melakukan berbagai kegiatan yang dapat menarik simpati masyarakat.

Masyarakat akan memilih calon dengan alasan sudah ada bukti karya nyata, orangnya perhatian terhadap rakyat, berpengalaman dalam pemerintahan, putra daerah, dan orangnya tegas.

Sesuai dengan alasan masyarakat pemilih itu, semua calon yang berjuang untuk maju dalam pilkada 2018 semuanya memenuhi harapan masyarakat tersebut dan harus berbuat lebih baik lagi, kata Arianto.

Editor: Yudi Abdullah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga