Portugal menang 1-0 atas Hungaria

id portugal, piala dunia, kualifikasi, eropa, hungaria, pertandingan

Portugal menang 1-0 atas Hungaria

Pemain Timnas Poertugal, Renato Sanches (AFP PHOTO)

Budapest (Antara/Reuters) - Portugal memperbesar peluang-peluang mereka untuk lolos langsung ke Piala Dunia tahun depan ketika gol Andre Silva membawa mereka menang 1-0 atas tuan rumah Hungaria, yang bermain selama satu jam dengan sepuluh pemain pada Minggu.

Silva menanduk umpan silang Ronaldo tiga menit setelah babak kedua dimulai untuk membawa Portugal meraih kemenangan ketujuhnya secara beruntun di Grup B, membawa mereka tetap tertinggal tiga angka dari Swiss yang menang 3-0 di Latvia untuk mempertahankan rekor 100 persen mereka.

Pemain Hungaria Tamas Priskin mendapatkan kartu merah langsung akibat menanduk Pepe, satu dari sejumlah hadangan buruk di pertandingan ini.

Portugal dan Swiss masing-masing memiliki satu pertandingan untuk dimainkan sebelum saling beradu di Lisbon pada 10 Oktober.

Para juara dari sembilan grup Eropa lolos langsung ke Piala Dunia tahun depan di Rusia, dan delapan runner up terbaik akan memainkan pertandingan-pertandingan playoff untuk memperebutkan empat tiket tersisa.

Setelah mencetak gol, Portugal memainkan sebagian besar babak kedua dengan tempo rendah dan mereka nyaris kemasukan pada fase akhir laga ketika Attila Fiola berada di belakang pertahanan, untuk menanduk bola yang dapat digagalkan oleh Rui Patricio.

Peluang-peluang Hungaria untuk mengikuti playoff berakhir setelah hasil-hasil buruk yang mereka raih, yang mencakup kekalahan dari Andorra.

    
   Peluang-peluang awal
Portugal tidak pernah memainkan penampilan terbaiknya pada Minggu, meski pertandingan ini akan berjalan sangat berbeda jika mereka mampu memaksimalkan salah satu peluang-peluang awal.

Upaya Ronaldo dapat ditepis Peter Gulacsi dan kemudian ia mengirim tandukan melebar dari umpan silang Joao Moutinho, sebelum upaya lain tertuju lurus ke kiper Hungaria.

Priskin diusir keluar lapangan karena menyikut wajah Pepe ketika keduanya berduel di udara, yang membuat mantan bek Real Madrid itu terluka sobek di atas matanya.  

Mate Patkai lolos dari hukuman kartu kuning pada insiden serupa dengan Moutinho beberapa menit sebelumnya.

Kartu merah itu terlihat lebih mempengaruhi Portugal dibandingkan tuan rumah ketika mereka kehilangan iramanya.

Namun mereka menggebrak tiga menit setelah turun minum ketika pertukaran operan yang indah membuat Ronaldo berdiri bebas di sisi kiri dan umpan silang sempurnanya menuju mulut gawang ditanduk Silva, untuk menjadi gol internasional kesembilan bagi pemain 21 tahun itu.

Portugal nyaris kemasukan ketika sepakan Patkai melebar, dan tim tamu menghabiskan sisa pertandingan dengan mengoperkan bola di lini tengah sedangkan Hungaria bertahan di belakang.(H-RF)