Minggu, 24 September 2017

PD Pasar akan beli mobil angkut sampah

id pasar, pd pasar, sampah, mobil sampah, Asnawi P Ratu
PD Pasar akan beli mobil angkut sampah
Ilustrasi (Antarasumsel.com/ Evan Ervani)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Perusahaan daerah milik Pemerintah Kota Palembang PD Pasar akan membeli satu unit truk pengangkut sampah untuk memastikan kebersihan setiap pasar tradisional.

Direktur Utama PD Pasar Palembang Jaya Asnawi P Ratu di Palembang, Senin, mengatakan, volume sampah yang dihasilkan pasar tradisional terbilang tinggi, sementara truk pengangkut sampah milik Pemkot terbilang terbatas sehingga kerap dijumpai masih ada sampah tersisa.

"Mau tidak mau, kami pun harus ikut aktif dengan membeli unit mobil sejenis pick up untuk mengangkut sampah," kata Asnawi.

Ia mengatakan penyediaan unit mobil kebersihan itu bertujuan menjadikan pasar tradisional sebagai kawasan yang layak untuk disambangi para wisatawan.

Kota Palembang yang akan menggelar perhelatan Asian Games XVIII tahun 2018 saat ini terus bersolek untuk menemukan destinasi-destinasi wisata yang baru.

"Fungsi mobil itu untuk mengecek kebersihan di setiap pasar, jika masih ada yang tersisa maka akan diangkut. Ini penting, karena nantinya ada rencana membuka pusat kuliner malam di kawasan Pasar 16 Palembang," kata dia.

Unit mobil kebersihan itu akan memberdayakan tujuh orang pekerja. Mereka akan memantau setidaknya ke dua pasar tradisional pada setiap harinya.

Selain itu, pemerintah kota juga sedang menyiapkan motto kebersihan pasar yang akan ditempel di mobil kebersihan tersebut.

Untuk motto kebersihan pasar tersebut, pemkot menggelar sayembara dengan membuka pendaftaran di kantor operasional Pasar Gubah.

"Bagi yang terpilih akan diberikan hadiah," kata dia.

Kota Palembang dalam dua tahun terakhir fokus dalam penataan kota terkait peran menjadi tuan rumah Asian Games XVIII pada 2018. Salah satu fokus utamanya yakni kebersihan di pusat-pusat keramaian dan aliran sungai.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga