LKPI: masyarakat Sumsel inginkan calon gubernur tegas

id lkpi, lembaga kajian publik independen, pilkada, figur, calon, cagub

LKPI: masyarakat Sumsel inginkan calon gubernur tegas

Direktur Eksekutif LKPI memberikan penjelasan hasil survei Cagub Sumsel menghadapi pilkada 2018. (Foto Antarasumsel.com/17/Yudi Abdullah)

...Berdasarkan hasil survei ada enam bakal calon gubernur yang mendapatkan dukungan masyarakat yang cukup besar dan perkembangan dukungannya bergerak naik...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Lembaga Kajian Publik Independen menyatakan berdasarkan survei dan peta elektoral calon gubenur Sumatera Selatan, masyarakat menginginkan sosok calon kepala daerah yang tegas dan berpengalaman di bidang pemerintahan.

Hasil survei yang dilakukan di 83 desa dengan melibatkan 830 responden pada 16-27 Agustus 2017, masyarakat menginginkan calon kepala daerah yang tegas, sudah ada bukti karya nyata, orangnya perhatian terhadap rakyat, berpengalaman dalam pemerintahan, dan putra daerah, kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) Arianto, di Palembang, Senin.

Melihat hasil survei tersebut, seluruh bakal calon gubernur Sumsel terutama yang masuk dalam enam besar memiliki peluang untuk bertarung karena memenuhi keinginan masyarakat yang tersebar di 17 kabupaten dan kota itu, katanya.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil survei ada enam bakal calon gubernur yang mendapatkan dukungan masyarakat yang cukup besar dan perkembangan dukungannya bergerak naik.

Bakal calon gubernur yang akan turun dalam pertarungan pilkada seperti Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki mendapat dukungan 10,4 persen dan tertinggi 19,4 persen.

Kemudian pengusaha yang juga mantan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Herman Deru mendapat dukungan responden 11,4 persen dan tertinggi 19,9 persen, mantan Gubernur Sumsel Syahrial Oesman 13,6 persen, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex 15,7 persen, Bupati Lahat Syaifudin Aswari Rivai 7,5 persen, dan mantan Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra 3,2 persen.

Seluruh bakal calon gubernur yang sekarang ini berusaha mendapat dukungan partai politik dan mensosialisasikan diri untuk mendapat dukungan masyarakat memiliki peluang yang sama-sama besar memenangkan pertarungan pilkada 2018.

Berdasarkan survei dan peta elektoral bakal calon gubenur Sumatera Selatan hingga September ini belum ada seorangpun yang mendapatkan dukungan masyarakat di atas 50 persen atau unggul signifikan,

Berdasarkan pengalaman survei selama ini, jika calon yang akan turun bertarung belum mendapat dukungan responden di atas 50 persen, masih terbuka lebar bagi calon lain untuk memenangkan pilkada.

Hasil survei sekarang ini akan terus dikembangkan, dan diharapkan menjadi acuan bakal calon gubernur Sumsel untuk semangat melakukan berbagai kegiatan yang dapat menarik simpati masyarakat, kata Direktur Eksekutif LKPI Arianto.