Persib cukur Sriwijaya FC 4-1

id sriwijaya fc, persib bandung, sfc, laskar wong kito, maung bandung

Persib cukur Sriwijaya FC 4-1

Pesepak bola Persib Bandung Febri Hariyadi (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Sriwijaya FC Gilang Ginarsa (kiri) pada pertandingan Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (29/4). (ANTARA FOTO/Novr

Palembang   (ANTARA Sumsel) -  Persib Bandung mencukur tim tuan rumah Sriwijaya FC dengan skor 1-4 pada putaran kedua Go-Jek Traveloka Liga 1 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Senin malam.

Tiga gol Persib dilesakkan Ezechiel Ndouasel pada menit ke-16, Michael Essien menit ke-31, Febri Haryadi menit ke-59 dan Billy pada masa injury time. Sedangkan gol semata wayang Sriwijaya FC tercipta pada masa injury time melalui kaki Tijani Belaid.

Kedua tim melakoni laga ini dengan motivasi yang sama yakni berjuang untuk keluar dari persaingan papan bawah. Sriwijaya FC berada pada peringkat ke-12 klasemen sementara, sedangkan Persib pada peringkat ke-11.

Meski kedua tim penghuni papan bawah tapi sejatinya laga ini syarat prestise mengingat keduanya sama-sama menyandang nama besar sebagai tim juara Liga Indonesia.

Tim tamu Persib langsung tancap gas sejak menit awal, begitu pula dengan Sriwijaya FC yang berharap bisa mencetak gol cepat untuk memompa kepercayaan diri.

Namun, peluang emas justru diciptakan tim tamu, melalui strikernya Febri Haryadi yang menusuk dari sisi kiri gawang Teja Paku Alam. Pergerakan cepat Febri pada menit ke-7 sempat membuat barisan pertahanan Laskar Wong Kito kocar-kacir, beruntung finishing touch masih belum sempurna.

Belum sempat menyadari kesalahan, kembali Febri mengejutkan lini belakang Laskar Wong Kito pada menit ke-10 dengan pola yang sama.

Lantaran terbawa irama permainan Persib, membuat barisan pertahanan Sriwijaya FC yang dimotori Bobby Satria dan Yanto Basna lengah.

Petaka pun terjadi bagi tim tuan rumah. Striker asing Persib Ezechiel Ndouasel menyambar umpan silang Matsunaga yang dialamatkan ke kotak penalti. Yanto Basna yang mengikuti pergerakan Ndouasel tak mampu menghalau. Skor 1-0 untuk Persib pada menit ke-17.

Ketinggalan satu gol membuat barisan peyerang Sriwijaya FC kalang kabut. Hilton dan Alberto Goncalves tak berhenti mencari bola hingga ke lini tengah. Tapi Persib piawai menerapkan strategi jebakan offside, salah satunya ketiga pergerakan Beto yang terlanjur masuk perangkap.

Tak kunjung membuahkan gol balasan, giliran lawan yang mencetak gol tambahan. Kini pemain andalan Persib yang membobol gawal Teja, Michael Essien. Pemain yang disebut-sebut berbandrol Rp10 miliar itu menunjukkan skill mumpuni kelas dunia ketika bergerak memutar badan menyambar umpan dari Ezechiel Ndouasel yang berhasil memenangkan duel perebutan bola di kotak penalti.

Skor 2-0 untuk Persib ini bertahan hingga turun minum. Tim Maung Bandung bermain bagus sepanjang pertandingan babak pertama meski tanpa pemain andalan mereka, Rafael Maittimo dan Atep.  

Memasuki babak kedua, Sriwijaya FC menaikkan irama permainan namun tim tamu juga tidak mau ketinggalan dengan meladeni permainan cepat tuan rumah.

Kesalahan seperti babak pertama kembali berulang di lini belakang Sriwijaya FC. Kali ini giliran Febri Haryadi yang berhasil menjebol gawang "Laskar Wong Kito".

Berawal dari ditariknya Ichsan Kurniawan yang mengalami robek pada pelipis kiri dan digantikan Rahmat Hidayat. Penggantian pemain itu seakan menggangu konsentrasi sektor belakang sehingga memudahkan Febri mencetak gol pada menit ke-59.

Sriwijaya FC bukannya tanpa peluang. Beto nyaris memperkecil ketinggalan kala pergerakannya tak dapat dicover Kim Kurniawan. Striker asal Brasil itu sempat melepaskan bola saat beradu duel dengan penjaga gawang. Namun bola melebar tipis dari tiang gawang.

Begitu pula dengan Hilton Moreira yang memanfaatkan umpan bola mati dari Tijani tetap tak mampu mengejar ketinggalan gol.

Hartono Ruslan sempat mengganti Gilang Ginarsah dengan Manda Cingi, tapi upaya itu tidak banyak membantu. Apalagi kapten tim Yu Kyun Koo juga ditarik ke luar lapangab. Sementara Persib Bandung percaya diri bahwa tim tuan rumah tak mampu bangkit lagi dengan menarik pemain andalan Michael Essien untuk memasukkan Rafael Maittimo dan menarik Ezechiel Ndouasel.

Seakan tak puas hanya mencetak tiga gol, pemain yang baru dimassukan Billy menambah keunggulan Persib pada masa injury time. Sriwijaya sempat memperkecil ketinggalan pada masa injury time itu melalui sepakan keras Tijani Belaid. Skor pun berubah 1-4 untuk Sriwijaya FC dan bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain
Sriwijaya FC : Teja Paku Alam (pg), Markho Sandy, Yanto Basna, Bobby Satria, Ichsan Maulana, Belaid Tijani, Yu Hyun Ko (c), Hilton Moreira, Gilang Ginarsa, Nur Iskandar, Alberto Goncalves. Pelatih : Hartono Ruslan.

Persib Bandung :  M Natshir (pg), Henhen Herdiana, Vladimir Vujovic, A Jufrianto (c), Tony Sucipto, Dedy Kusnandar, Kim Kurniawan, Shohei Matsunaga, Michael Essien, Febri Haryadi, Ezechiel Ndouasel. Pelatih : Emral Abus.