Spanyol hancurkan Liechtenstein untuk dekati spot Piala Dunia

id Spanyol, kualifikasi, piala dunia, liechtenstein

Spanyol hancurkan Liechtenstein untuk dekati spot Piala Dunia

Pemain Spanyol David Villa . (Antarasumsel.com/REUTERS/Felix Ordonez)

Vaduz (Antara/Reuters) - Spanyol menghancurkan Liechtenstein dengan skor 8-0 ketika Alvaro Morata dan Iago Aspas masing-masing mengemas dua gol untuk mempertahankan keunggulan negara mereka di puncak klasemen Grup G kualifikasi Piala Dunia zona Eropa pada Selasa.  

Kemenangan di Vaduz ini membawa Spanyol mengoleksi 22 angka dari delapan pertandingan, unggul tiga angka atas Italia yang menang 1-0 atas Israel di Tel Aviv berkat gol Ciro Immobile pada babak kedua.

Para juara dari sembilan grup Eropa lolos langsung ke Rusia, sedangkan delapan tim peringkat kedua terbaik akan ambil bagian pada playoff dua leg untuk memperebutkan empat spot tersisa.

Spanyol asuhan Julen Lopetegui mencetak tiga gol pada 16 menit pertama untuk memastikan sisa pertandingan sekedar formalitas belaka bagi tuan rumah.

Spanyol mengalahkan Liechtenstein dengan skor yang sama pada pertandingan pertama Lopetegui pada tahun lalu, dan ini merupakan contoh lain dari semangat dan gaya bermain yang dimiliki timnya.

Spanyol mengendalikan permainan sejak awal di mana Sergio Ramos menanduk bola tendangan bebas David Silva dari jarak dekat untuk menjadi gol pada menit ketiga.

Penyerang Chelsea Moata mengemas gol kedua pada menit ke-15, menyambar umpan silang Andres Iniesta, sebelum kiper Liechtenstein Peter Jehle kemasukan gol untuk ketiga kalinya, kali ini melalui Isco.    

David Silva mengemas gol keempat dengan tendangan bebas yang melayang ke sudut atas gawang sebelum Michele Polverino menyia-nyiakan satu-satunya peluang bersih Liechtenstein pada pertandingan ini.

Operan buruk dari kiper Spanyol David De Gea membuat Liechtenstein mendapatkan bola di area pertahanan lawan, namun gelandang Polverino hanya mampu melepaskan tembakan lurus ke kiper Manchester United itu.

Pemain pengganti di babak kedua Aspas mencetak gol pada menit ke-51, setelah sundulan Morata mengenai mistar gawang dan memantul ke arah dirinya, ketika Spanyol menolak mengendurkan permainan setelah turun minum.

Aspas membayar lunas keberuntungan yang dimilikinya tiga menit kemudian, mengirim umpan kepada Morata untuk dikonversi menjadi gol kedua dengan operan bagus, sebelum kembali mencetak gol melalui sepakannya di tiang dekat.    

Pemain Liechtenstein Maxmilian Goppel mengarahkan bola umpan silang mendatar Gerard Deulofeu untuk melewati kipersnya sendiri pada menit ke-89, untuk menutup malam yang memilukan bagi tuan rumah. (H-RF)