Jumat, 20 Oktober 2017

Kades berperan penting cegah kebakaran hutan

id Kepala Desa, kebakaran hutan, lahan, antisipasi, titik api
Kades berperan penting cegah kebakaran hutan
Petugas dari BPBD Ogan Ilir (OI) melakukan pemadaman kebakaran lahan di Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Sabtu (2/9). (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17) (Nova Wahyudi)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepala Desa berperan penting dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan karena mereka lebih mengetahui bila ada titik api di daerah masing-masing.

"Bukan itu saja tetapi para kepala desa lebih cepat sampai ke lokasi bila terjadi kebakaran sehingga mereka berperan penting dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Selatan Iriansyah di Palembang, Rabu.

Oleh karena itu pihaknya telah mengikutsertakan para kepala desa dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan. Bahkan, setiap ada rapat koordinasi rutin mengikutsertakan kepala desa terutama di daerah rawan kebakaran hutan dan lahan.

Memang, lanjut dia, dalam berkoordinasi dengan para kepala desa itu pihaknya mengutamakan BPBD kabupaten setempat termasuk dalam pemanggilan.

Selain para kepala desa pihaknya juga mengotimalkan warga desa atau masyarakat peduli api.

Karena itu desa yang memiliki kerawanan kebakaran lahan dan hutan telah dibentuk masyarakat peduli api dalam melakukan pencegahan.

Selain itu pihaknya mengoptimalkan patroli baik melalui udara maupun satuan tugas darat untuk memantau perkembangan titik api di Sumsel.

Ketika ditanya mengenai kondisi cuaca sekarang ini, dia mengatakan, cukup bagus termasuk jarak pandang masih cukup jauh.

Ini berarti kabut asap tidak ada sehingga harus tetap dijaga dengan mencegah supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Namun, dia berharap kepada semua pihak dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan antara lain dalam membuka kebun tidak melakukan dengan cara membakar.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga